SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Unusida Raih Akreditasi Unggul dari Lamdik

 

Foto :Rektor Unusida Dr.H Fatkhul Anam M.Si bersama Ketua BPP.H Arly Fauzi menunjukkan SK Akreditasi Unggul dari Lamdik yang diraih Prodi PGSD 

(SIDOARJOterkini) – Program studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik).

Melalui Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor : 754/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022 Menetapkan peringkat akreditasi Program Studi PGSD pada Program Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, “Unggul” dengan nilai 365 dan akreditasi tersebut berlaku pada tanggal 15 November 2022 sampai dengan tanggal 14 November 2027.

Rektor Unusida Dr.H. Fatkhul Anam M.Si mengatakan, akreditasi Unggul yang sudah dicapai Prodi PGSD tersebut merupakan capaian yang sangat membanggakan. Hal tersebut tidak.lepas dari keterlibatan semua pihak yang sudah bekerjasama dalam capaian tersebut.

“Selain Akreditasi Unggul pada Prodi PGSD, dalam waktu yang bersamaan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga mendapatkan Akreditasi Baik Sekali dari Lamdik, tentu kita sangat bersyukur, atas capaian ini”ungkapnya, Rabu 07 Desember 2022.

Dijelaskan Fatkhul, mulai proses pengajuan akreditasi hingga assesmen lapangan yang dilakukan oleh Lamdik, semua elemen yang ada di Unusida saling mendukung dan bekerjasama dan hal itu merupakan kunci keberhasilan dalam capaian itu.

BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

Untuk mendukung proses Akreditasi, sejauh ini pihak Unusida telah melakukan berbagai kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri.Ada 28 perguruan tinggi di Taiwan yang menjalin kerjasama dengan Unusida, juga perguruan tinggi di Singapore, Malaysia Vietnam dan Thailand. Adapun kerjasama yang ditekankan adalah pertukaran mahasiswa, joint riset dan pelaksanaan publikasi bersama dan kerjasama internasional confrence.

“Dalam waktu dekat, mahasiswa Unusida akan melaksanakan KKN di Thailand, sebagai bentuk kerjasama pertukaran mahasiswa,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon Pandowo Krido Dalang Ki Cahyo Kuntadi Meriahkan Peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke 164
Foto :Rektor Unusida Dr. H. Fatkhul Anam M.Si didampingi Ketua BPP H Arly Fauzi, Dekan FKIP Nurul Aini SPd. MPd  dan Kepala Biro Humas Idham Choliq

Ditegaskan Rektor, setelah berakreditasi Unggul, Unusida berbagai kerjasama baik nasional maupun internasional akan lebih ditingkatkan. Termasuk menggunakan konsekuensi sebagai penerima akreditasi unggul berupa kewenangan usulan pada kementerian.

“Selanjutnya, dengan predikat akreditasi unggul yang sudah dicapai, Kami akan persiapkan untuk membuka Program Pasca Sarjana PGSD,”tegasnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Nurul Aini S.Pd., M.Pd mengatakan, selama delapan bulan tim penyusun akreditasi FKIP mempersiapkan pengajuan dua prodi (pendidikan Bahasa Inggris dan PGSD).dalam proses akreditasi.

“Dua Prodi tersebut kita ajukan bulan Agustus yang kemudian dilakukan assesmen oleh Lamdik,”ungkap Nurul Aini yang juga merupakan Ketua tim penyusun akreditasi FKIP.

Diungkapkannya, saat Lamdik melakukan assesmen lapangan pada bulan Oktober, pihaknya benar-benar melibatkan berbagai pihak yang bisa memperlancar proses assismen, seperti Dosen, mahasiswa, Alumni , Kepala sekolah termasuk dari Dinas pendidikan Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan
Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Jalan Rangkah Kidul Sidoarjo

“Dan Alhamdulillah,.semua pihak yang dilibatkan sangat mendukung, terutama dari dinas pendidikan Sidoarjo yang juga hadir saat asismen lapangan,”tuturnya.

Tepat di Hari Guru Nasional 2022, Lamdik mengumumkan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan predikat Baik sekali denga nilai 344 . Untuk Prodi PGSD mendapat akreditasi Unggul 365

“Tidak ada bayangan dari kami untuk mendapatkan akreditasi Unggul, dan ini sudah kehendak Allah SWT, Akreditasi Unggul pertama di Unusida,”tuturnya.

Ditambahkannya, capaian Akreditasi Unggul untuk Prodi PGSD dan Baik Sekali untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak lepas dari arahan dan dukungan dari Rektor Unusida serta serta kontribusi banyak pihak.

“Semoga capaian yang diraih bisa menjadikan Unusida lebih maju,”pungkasnya. (cles)