SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS

 

(SIDOARJOterkinj) – Bulan Imunisasi Anak Sekolah/BIAS mulai dilaksanakan Pemkab Sidoarjo. Petugas kesehatan dari Puskesmas mulai berkeliling ke setiap sekolah SD. Seperti yang dilakukan di SDN 2 Semambung Gedangan serta SD Muhammadiyah 1 Sedati dan SD Jiddan Qiraati Sedati, hari ini, Selasa, 03 Oktober 2922.

Pelaksanaan BIAS dikawal TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor S.Hum turun langsung melihat pelaksanaan BIAS di tiga sekolah SD pagi tadi.

Empat macam imunisasi diberikan kepada puluhan ribu siswa SD maupun MI. Diantaranya imunisasi MR (Measles Rubela) atau imunisasi Campak dan Rubella, imunisasi DT (Diphteria Tetanus) untuk difteri, tetanus dan batuk rejan serta imunisasi TD (Tetanus Diphteria). Selain itu juga diberikan imunisasi HPV atau Human Papillomavirus atau vaksin pencegah kanker serviks.

Imunisasi MR dan DT diberikan kepada siswa kelas I SD/MI. Jumlah 33.776 siswa. Sedangkan TD diberikan kepada siswa kelas II dan V. Untuk kelas II sebanyak 33.434 siswa dan kelas V sebanyak 33.449 siswa. Imunisasi tersebut merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal terhadap tiga penyakit infeksi tersebut. Untuk imunisasi HPV khusus diberikan kepada siswa perempuan kelas V. Jumlahnya 16.459 anak. Capaiannya saat ini sudah 34 persen. Imunisasi HPV sendiri baru diberikan mulai tahun ini.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan BIAS kali ini. Dikatakannya imunisasi penting diberikan. Pasalnya akan melindungi anak dari beberapa penyakit berbahaya.

BACA JUGA :  Seorang Pria Ditemukan Tewas Tergantung di Gudang Toko Tropodo Waru, Ada Surat Wasiat Dekat Korban
BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Tinjau Proyek SMPN 2 Tulangan Progres Capai 90 Persen

“Imunisasi akan membentuk kekebalan terhadap penyakit bila nanti terserang,”ucapnya.

Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan imunisasi HPV menjadi salah satu imunisasi yang penting diberikan kepada siswa perempuan. Imunisasi itu akan mencegah penyakit kanker serviks. Untuk itu ia berharap vaksin HPV dapat diberikan kepada seluruh anak SD. Dengan begitu anak perempuan di Kabupaten Sidoarjo akan terhindar dari penyakit kanker serviks.

BACA JUGA :  Bati Tuud Koramil 0816/10 Balongbendo Hadiri Kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektor

“Imunisasi HPV ini ditujukan kepada seluruh anak perempuan yang berada di SD atau MI kelas V, harapannya dimasa pertumbuhan, mereka sudah terbentengi dari penyakit kanker serviks,”ujarnya.

Sekedar diketahui pelaksanaan BIAS yang biasanya dilakukan dibulan Agustus, namun tahun ini dilakukan di bulan Oktober. Hal itu dikarenakan bertepatan dengan pelaksanaan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) kemarin. (cles)