SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Tipu Warga, Anggota BIN Gadungan Ditangkap

image

Anggota BIN gadungan yang diamankan warga.

(CANDIterkini)- Deni Darmawan yang mengontrak di Perumahan Millenium Green Puspa Asri Kali Pecabean Kec. Candi, diringkus Unit Reskrim Polsek Candi. Dia sudah menipu beberapa orang dengan mengaku sebagai anggota Badan Intelejen Negara (BIN).

Pria yang kerap mengaku berpangkat setara Letkol itu, diamankan saat keluar dari rumahnya. Pelaku diamankan ke Balai Desa Kali Pecabean, lalu diserahkan ke Polsek Candi dan dikirim ke Polres Sidoarjo.

BACA JUGA :  Melalui Pendidikan Perkoperasian, Kopwan Delta Sari Diharapkan Semakin Maju dan Berkembang

Ada sekitar 7 orang dari Desa Kali Pecabean yang kena tipu BIN gadungan itu. Ada yang dijanjikan bisa menjadi PNS, anggota Satpol PP dan ada pula yang mengurus tanah tak kunjung selesai.

BIN gadungan ini juga membawa barang elektronik korban dan tidak  dikembalikan. Bahkan, Wuliantoni yang dijanjikan menjadi Sat Pol PP mengaku sudah menyerahkan uang senilai Rp 7 juta.

BACA JUGA :  Peringati HUT TNI Ke - 77, Koramil 0816/16 WARU Disambangi Forkopimka

Toni mengaku percaya karena orangnya sopan. Namun, pelaku marah setelah terus ditagih janjinya soal bisa memasukkan menjadi anggota Satpol PP.

Pelaku, malah menantang mempersilahkan lapor ke polisi dan tidak takut di proses di kepolisian. Bukan hanya itu, pelaku juga menyewa mobil sebulan, namun tidak dibayar. “Karena tidak ada kejelasan, saya tagih, malah saya di gertak dan dimintai kerugian Rp 1,5 juta karena selama 4 hari saya pending,” aku Nur Uliyanto, juga korban BIN gadungan ini.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Bersama Deltamania Gelar  Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Banyak juga yang merasa ditipu, IPad, HP dan lainnya, yang dibawa tidak dikembalikan oleh pelaku.

Kades Kali Pecabean Arif S mengemukakan, ulah dan perbuatan pelaku, meresahkan warga. Setelah banyak laporan, desa berkordinasi dengan Polsek Candi untuk mengamankan pelaku. (st-13)