SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Tentang LiterArt Fest, Pameran Buku dan Obral Buku Murah

 

(SIDOARJOterkini) – Pameran buku dan obral buku murah bertajuk LiterArt Fest dimulai malam ini, Jumat (18 Juni 2021) di Dekesda Art Center, Jl Erlangga No 67 Sidoarjo. Pameran diikuti oleh penerbit, komunitas, dan kampus di Sidoarjo.

Penerbitan buku adalah salah satu aspek penting dalam indutri kreatif. Pameran buku yang digelar Dekesda dimaksudkan sebagai upaya untuk lebih mendongkrak dunia penerbitan di Sidoarjo.

Jika penerbitan ini berkembang lebih pesat, Sidoarjo setidaknya mendapatkan 3 manfaat utama. Pertama, aspek pendidikan dengan budaya membaca. Kedua, tercipta ekosistem sastra dan literasi yang lebih sehat. Ketiga, ekonomi masyarakat lebih tumbuh dari aspek industri kreatif.

BACA JUGA :  Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Watugolong Krian Ludes Terbakar

LiterArt Fest mencoba memfasilitasi pertemuan antara penerbit, penulis, institusi terkait, dan masyarakat umum. Harapannya kendala, potensi, dan rencana pengembangan penerbitan di Sidoarjo bisa terbahas secara lebih terang.

LiterArt Fest bakal berlangsung selama tiga hari, yakni hari Jumat sampai Minggu, tanggal 18 – 20 Juni 2021. Selama tiga hari, beberapa acara telah disiapkan. Hari pertama yang berisi acara pembukaan dan diskusi tentang penerbitan. Hari kedua, siang sampai sore, diadakan parade launching buku terbitan dari Sidoarjo. Dilanjutkan malam hari pertunjukan musik dan diskusi penulisan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sidoarjo.

BACA JUGA :  Gus Muhdlor : Bansos Ini Merupakan Wujud Perhatian Pemerintah Akibat dari Pandemi

Hari ketiga, LiterArt Fest dibuka sejak pagi hingga malam hari. Pagi hari lomba mewarnai untuk anak-anak usia 5 – 8 tahun. Siangnya diskusi strategi menembus media massa dan penerbit oleh teman-teman Forum Lingkar Pena Sidoarjo. Lalu malamnya ada pertunjukan musik dan lelang buku langka. Lelang ini dipandu oleh dua komedian, yaitu Robert Bayoned dan Ipoel Bayoned.

LiterArt Fest bekerja sama dengan beberapa pihak. Terdiri dari IPNU dan IPPNU Sidoarjo, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), Penerbit Media Ilmu, Taman Zakat, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sidoarjo, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair, Ludruk Luntas dan Ludruk Baladda Sidoarjo, Teh Sosro, UKM Mahasiswa Unggul Unusida, komuninitas Malam Puisi Sidoarjo, Forum Lingkar Pena (FLP) Sidoarjo, dan Komite Musik Dekesda.

BACA JUGA :  Hadapi Pandemi, Kapolresta Sidoarjo Bekali Paket Kesehatan bagi Anggota dan ASN

Adapun LiterArt Fest diikuti sebanyak 16 peserta. Terdiri dari Penerbit Embrio, Penerbit FLP Sidoarjo, Komunitas Yuk Nulis Sidoarjo, Penerbit Padmedia, Penerbit Brangwetan, Unusida, UKM Mahasiswa Unggul Unusida, Penerbit Media Ilmu, Penerbit Tan Kali, Penerbit Meja Tamu, Penerbit Galaksi Aksara Kata, Komuntias Sidoarjo Masa Kuno, Cahaya Pustaka, Buku Djagad, Trisna Buku, Pustaka Keliling, dan Om Buku.(*)