SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Sidoarjo Akan Lockdown Desa Dengan Kategori Zona Merah

 


(SIDOARJOterkini) – Untuk menekan penyebaran Covid-19, Pemkab Sidoarjo mewacanakan lockdown untuk desa yang masuk kategori zona merah, dengan cara melokalisir pasien yang terkonfirmasi positif dan memudahkan petugas medis melakukan 3 T (Tracing, Testing dan Treatment). Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat memimpin rapat persiapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), di Pendopo Delta Wibawa, Sabtu 9 Januari 2021.

“Untuk itu Dinas Kesehatan Sidoarjo segera mengecek setiap desa yang warganya terkonfirmasi positif Covid-19, dan segera ditentukan desa tersebut masuk kategori zona merah atau tidak “ungkap Hudiyono.

Penerapan lockdown bagi desa zona merah rencananya akan diberlakukan bersamaan dengan penerapan PPKM yang akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 11 – 25 Januari 2021.

BACA JUGA :  Bupati Muhdlor : Target Reformasi Birokrasi Masyarakat Merasakan Kemudahan Pelayanan Pemerintah

Lockdown desa zona merah menurut Hudiyono merupakan kebijakan lokal kabupaten sebagai upaya menekan penyebaran covid yang saat ini terus naik. Rumah sakit rujukan RSUD Sidoarjo kondisinya sudah overload.

Hudiyono bersama jajaran forkopimda Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, Dandim 0816 Letkol Inf M. Iswan Nusi dan Kejari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono akan melihat desa yang masuk kategori zona merah akan dilakukan lockdown jika itu dianggap efektif dalam menekan penyebaran covid-19.

BACA JUGA :  Kepala BPPD Sidoarjo Raih Inotek Award 2021 Melalui Inovasi SIPPADU 2.0

Selama ini pemkab Sidoarjo sudah dengan masif melakukan operasi yustisi. Dan hasilnya bisa membuat warga disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

BACA JUGA :  Kurangnya Pengetahuan Genre Menjadi Penyebab Pernikahan Dini dan Terjerumus Napza

Sedangkan upaya lain seperti dengan me-lockdown desa yang telah ditemukan pasien covid belum pernah dilakukan pemkab Sidoarjo.

“Masih kita pelajari lagi apakah nanti akan kita terapkan lock down tingkat desa atau operasi yustisi yang lebih dimasifkan sampai ke tingkat desa. Kita menunggu dulu data laporan sebaran pasien covid dari dinas kesehatan “, pungkasnya (cles).