SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Tak Becus Awasi Perusahaan, Dinsosnakertrans Lecehkan Dewan

image

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Hadi Subiyanto.

(SIDOARJOterkini)- Adanya PHK sebanyak 1500 buruh selama tiga bulan tamparan telak bagi Dinsosnakertrans. Instansi dibawah pimpinan HM. Husni Thamrin ini dianggap tidak becus dalam mengawasi perusahaan.

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Hadi Subiyanto menilai Dinsosnaker tak nampu menjalankan fungsi pengawasan perusahaan.”Tiap enam bulan sekali kan ada laporan terkait kondisi perusahaan, kok sampai ada PHK 1500 buruh dalam tiga bulan terakhir,” jelasnya.

BACA JUGA :  HUT RI ke 77, Bupati Sidoarjo Komitmen Merdekakan Sidoarjo dari Kemacetan

Politisi asal Golkar tersebut menambahkan, jika fungsi pengawasan dan hubungan tenaga kerja baik, harusnya ada solusi dan pencegahan jauh-jauh hari sehingga tidak sampai terjadi PHK. Kenyataannya, PHK terkesan mendadak dan tidak bisa diantisipasi.

Bukan hanya itu, Hadi Subiyanto menilai koordinasi Dinsosnakertrans dengan Komisi D lemah. Bahkan, Kepala Dinsosnakertrans Husni Thamrin cenderung meremehkan dewan.

BACA JUGA :  16.659 Narapidana di Jatim Dapat Remisi Umum Kemerdekaan RI

Hal ini bisa dilihat ketika ada hearing antara Dinsosnakertrans dan Komisi D. Pejabat yang datang hanya setingkat kabid dan kepala dinas tidak datang dengan berbagai alasan.

BACA JUGA :  Satgas TMMD dan Dinsos Sidoarjo Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Warga Rejeni

Komisi D sudah menegor pihak Dinsosnakertrans agar menghargai institusi dewan. “Ini sebagai catatan dan evaluasi, jika kadissosnakertrans masih meremehkan hearing dengan dewan, tentu kami akan bertindak,” pungkas Hadi Subiyanto. (st-12)