SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Tabur Benih Ikan Nila, Pj Bupati Sidoarjo Gaungkan Gerakan Jogo Kali

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Kadis Perikanan  M Bahruni saat menebar benih ikan Nila di Kali Pucang

(SIDOARJOterkini) – Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono menebar 1000 bibit ikan nila di kali sekitar Pendopo Kabupaten, Jumat 22 Januari 2021.

“Nantinya masyarakat diperbolehkan mancing, namun ada syaratnya yakni harus mengambil sampah disekitarnya terlebih dahulu,’ujar Hudiyono.

Diungkapkan PJ Bupati, gerakan tabur benih ikan di kali merupakan bagian dari gerakan jogo kali, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan kali. Kalau Kali bersih dari sampah tentu bahaya banjir akan bisa dihindari.

BACA JUGA :  Dua Motor Bertabrakan di Jalan Kandangan Krembung, 1 Korban Tewas di Lokasi

“Kita lihat banyaknya sampah-sampah rumah tangga yang dibuang ke kali menyebabkan aliran jadi buntu dan airnya meluap ke rumah warga,”ujarnya.

Gerakan Jogo Kali diharapkan masyarakat bisa bersama-sama menjaga kali untuk tetap bersih. Dan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja.

BACA JUGA :  PW LPPNU Jatim Tolak Keras Rencana Pemerintah Pungut Pajak Sembako

Sementara itu Kepala dinas perikanan, M. Bahruni menyampaikan, pihaknya berencana akan memperbanyak titik-titik kali bukan hanya di kota saja tapi juga di tempat lain.

“Kita akan perbanyak lagi seperti ini (pemanfaatan kali),seperti arahan dari Pak PJ. Bupati kalau sungai itu dimanfaatkan untuk tempat mancing harapannya kali jadi bersih”, ujar Bahruni.

BACA JUGA :  Diduga Kelebihan Muatan, Truk Muat HCl Terguling di Jalan Keret Krembung

Nanti, tambah Bahruni di setiap kecamatan-kecamatan akan dibuatkan contoh kali yang bisa multifungsi sebagai tempat mancing masyarakat.

“Setiap kecamatan harus ada Kali percontohan yang bersih dan bisa untuk mancing,”pungkasnya.(cles)