SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Survey LSI, BerSiNar Tertinggi Disusul HatiKu

wpid-picsart_1441890067155.jpg
(SIDOARJOterkini)- Menjelang coblosan, Lingkar survei Indonesia (LSI), lembaga besutan Deny JA merilis hasil survey terhadap empat paslon yang bersaing di Pilkada Sidorjo. Dalam survei periode akhir Oktober – November menempatkan paslon Saiful Ilah-Nur Achmad Syaifudin (BerSiNar) di posisi teratas.

Dalam metodologi survei yang dilakukannya, pengambilan data dilakukan 29 oktober – 3 november .Metode pengambilan sampling atau responden dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Jumlah responden , 440 responden dan dilakukan wawancara tatap muka responden dengan membawa kuesioner.margin of error plus minus 4,8% .Dalam metodologinya, LSI memastikan setiap pemilih di Sidoarjo mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi responden.

BACA JUGA :  Bupati Muhdlor : Kegiatan Keagamaan Tetap Berjalan Syaratnya Menjaga Prokes

Peneliti LSI , Ardian Sopa menyampaikan responden yang diambil dalam pilkada sudah mencukupi. “Keterwakilan responden dari 18 kecamatan, maupun usia tua muda dan keterwakilan laki perempuan semua terpenuhi,” ungkapnya.

Ardian Sopa juga memastikan keterwakilan pada semua segmen tak ada bias. Elektabilitas masing masing pasangan calon yang berlaga di pilkada Sidoarjo menurut LSI sebagai berikut;

BACA JUGA :  Lelang Parkir via Youtube Capai Rp 32 Miliar, Bupati Muhdlor: Bentuk Transparansi

Paslon 1 , Cip-Kolik ; 14,3%
Paslon 2, Usman – Tan mei Hwa : 4,8%
Paslon 3, Saiful- Nur Ahmad : 54,1%
Paslon 4, Warih-Imam : 2,5 %

Sedangkan, Responden Belum menentukan pilihan sebesar 24,3 %.Perolehan paslon Sidoarjo Bersinar ini paling tinggi elektabilitasnya.

BACA JUGA :  Ajak UKM Bangkit dari Pandemi, Alfamart dan Nestlé Gelar Festival UKM Sabang-Merauke

Bila suara belum menentukan pilihan nya sebesar 24,3 % terdistribusi proporsional sesuai tingkat elektabilitasnya ,maka perolehan paslon bertagline Sidoarjo Bersinar mencapai 68 % an.

Dengan demikian, trend calon incumbent kuat juga terjadi di Sidoarjo. Sebab, selama ini calon incumbent memang lebih kuat dibanding paslon pendatang baru. (st-12)