SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Sukses Bangun Kampung Tangguh, Dusun Semampir Krian Bersiap Dirikan Kampung Pesilat

(SIDOARJOterkini) – Ratusan warga Dusun Semampir RW 06 Ds. Sidorejo Kecamatan Krian Sidoarjo memperingati hari jadi ke 1 pembangunan kampung tangguh dengan menggelar istighosah dan tasyakuran di punden desa.

Kegiatan yang menerapkan Prokes tersebut hanya boleh diikuti oleh warga yang telah menjalani vaksin tahap pertama, Jumat malam 24 September 2021.

Kampung Tangguh Dusun semampir yg dibentuk dan selalu dikembangkan oleh warga dan pengurus RT/RW Dusun Semampir RW 06 sudah berjalan selama 1 tahun, dimana hambatan dan rintangan untuk menjaga warga dusunnya supaya terhindar dari penyebaran Covid-19 secara berjenjang terus dilakukan.

Mulai dari inovasi Punden dijadikan taman edukasi wisata dusun, pembuatan posko PPKM, pemeliharaan peternakan ayam dan ikan, pembuatan jamu herbal bahkan sampai dengan membuat lahan kering bisa ditanami padi.

BACA JUGA :  Pengayuh Sepeda Pancal Terkapar Ditabrak Sepeda Motor di Jalan Desa Sukodani Balongbendo

Menurut Sutrisno selaku ketua RW 06 Semampir, tidak terasa kampung tangguh yang telah dikembangkan keberadaannya sudah mencapai 1 tahun. Telah menjadi  komitmen warga, selama pandemi covid-19 ini belum berakhir Keberadaan kampung tangguh akan terus dioptimalkan sebagai sarana pencegah penyebaran Covid-19.

” Kami sangat merasakan manfaat dari hasil pembinaan kampung tangguh ini,”ungkap Sutrisno.

BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo dan Bea Cukai Gelar Sosialisasi Cukai Untuk Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Ditambahkannya, Selain pembinaan  kader-kader relawan Covid dari kalangan pemuda, pihaknya juga membina karangtaruna melalui kegiatan olah raga pencak silat PSHT Pusat Madiun serta memberdayakan dan mengelola usaha masyarakat secara mikro untuk kepentingan bersama.

“Sebagai ungkapan syukur kami peringati hari pembangunan kampung tangguh, pembangunan punden taman edukasi serta berdirinya sub rayon PSHT Cabang Sidoarjo, dengan berbagi kepada anak yatim piatu dan doa bersama untuk Indonesia,”ujarnya.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Targetkan Vaksinasi Keliling Sehari di Enam Desa

Sementara itu ketua Cabang PSHT Pusat Madiun Sidoarjo Mas Mursito menyampaikan bahwa kampung tangguh yang sudah berjalan bisa menjadikan motivasi dan inspirasi bagi desa lain.

“Kedepannya, saya berharap kampung tangguh ini bisa berkolaborasi dengan PSHT manjadi kampung pesilat,”pungkasnya. (cles)