SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Sosialisasi Amnesti Pajak, Kanwil DJP Jatim II Sukses Penuhi Target Pengampunan Pajak

img-20161007-wa0030
(SEDATIterkini) – Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II melakukan sosialisasi amnesti pajak tahap II di aula kantor DJP Jatim II Jalan Juanda, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jum’at (07/10/2016). Hal ini dikarenakan pihaknya sukses meraih pengampunan pajak atau tax amnesty tahap I.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jatim II, Irawan mengatakan, selama masa amneati tahap I, jumlah uang yang dideklarasikan sebesar Rp 3772 triliun dengan jumlah tebusan mencapai hingga 97,3 triliun. Selama periode pertama, 10 ribu wajib pajak mengikuti amnesti pajak dengan total tebusan senilai Rp 1,34 triliun.

BACA JUGA :  Dandim 0816/Sidoarjo Imbau Kesadaran Anggota Militer dan PNS Dalam Mengamankan Wilayah

“Nilai tebusan itu diperoleh dari laporan Badan UMKM mencapai Rp 171 miliar, dan Object Pajak senilai 1,1 triliun dan sisanya OP UMKM,” ucap Irawan.

Dari pengalaman laporan tax amnesti tahap I, lanjut Irawan, kemungkinan para wajib pajak, akan datang untuk menyampaikan hartanya pada akhir masa pengampunan pajak tahap II yang jatuh sekitar bulan Desember 2016. “Masih ada peluang besar, untuk mendapatkan uang tebusan dari program pengampunan pajak di tahap II ini,” katanya.

BACA JUGA :  Perkembangan Terkini Pencarian Bapak dan Balitanya yang Tenggelam di Sungai Mas Banjar Pertapan Taman

Sementara itu, tujuan pertama tax amnesty adalah untuk repatriasi atau menarik dana Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada diluar negeri, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan national. Tidak hanya itu, tujuan tax amnesty juga meningkatkan basis perpajakan national. Aset yang disampaikan, dapat dimanfaatkan untuk pemajakan yang akan datang.

BACA JUGA :  Truk Fuso Tabrak Motor di Jalan Kemasan Krian, Dua Orang Luka Serius

Sedangkan batas waktu untuk para wajib pajak mengikuti pengampunan pajak tahap II, hingga akhir bulan Desember 2016 mendatang, dan kesempatan terakhir pada tahap lll yakni Maret 2017. “Pasti raihan di tahap berikutnya, akan mencapai lebih banyak lagi,” pungkas Irawan.(alf)