SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

SMPN 5 Sidoarjo Dibobol Maling, Dana BOS dan Barang Berharga Raib

 

SMPN 5 Sidoarjo Jalan Untung Suropati Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – SMPN 5 Sidoarjo menjadi sasaran aksi pencurian kawanan maling. Dengan menjebol pintu, beberapa barang berharga dan sejumlah uang berhasil dibawa kabur, Sabtu 12 Februari 2022.

Aksi pembobolan sekolahan yang berlokasi di jalan Untung Suropati No 24 Sidoklumpuk Sidoarjo kota tesebut, pertama kali diketahui oleh Isdiyati (58) Guru BK yang saat itu masuk ke kantor sekitar pukul 07.05 WIB.

Saat itu Isdayati mendapati kondisi 3 meja di ruang BK berantakan, laci meja di atas meja, barang di dalam laci berserakan, 1 almari plastik terbuka (namun di ruang BK tidak ada barang yang hilang).

BACA JUGA :  Wanita Muda Patah Kaki, Setelah Motornya Tergelincir di Jalan Wonokupang Balongbendo

Mendapati kondisi ruangan acak-acakan, Isdiati bertanya kepada M. Ridwano (26) dan Anam (34) yang merupakan petugas kebersihan, dan keduanya tidak mengetahuinya karena belum masuk ruangan yang dimaksud.

Ketiganya kemudian memeriksa beberapa meja guru dan lainnya kondisinya juga berantakan. “Uang tunai di meja Kepala TU dan Tim Bendahara BOS hilang, serta HP Vivo Y1s warna olive black, No. Imei 1 : 869415059534537 No. Imei 2 : 869415059534529 milik siswa yang disita juga hilang,” ucap sumber di sekolahan tersebut.

Tak hanya itu, lanjut sumber, kamera DSLR jenis Cannon EOS 1200 D beserta tasnya juga digondol pencuri. “Akibat pencurian ini, sekolah mengalami kerugian material mencapai puluhan juta. Kasus ini juga sudah dilaporkan ke Polsekta Sidoarjo,” tegasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan

Sumber itu juga menyebutkan, petugas kebersihan juga mengecek pintu ruang Kepala Sekolah SMPN 5 (terletak didalam ruang TU). Ternyata yang terkunci, dibuka paksa, dan dibuka laci mejanya, namun di dalamnya tidak ada yg hilang.

“Dugaan pelaku kedalam membuka kunci pintu yg terhubung ke ruang guru (kunci menempel di lubang kunci). Petugas kebersihan juga mendapati kotak amal musalla selatan ruangan guru berisi uang sekitar Rp 1 juta, juga rusak akibat dicongkel di bagian pengait gembok,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Maling Motor Apes, Tertangkap dan Dimassa di Desa Tarik

Aksi pembobolan sekolah ini juga menyulitkan petugas. Karena setelah petugas mengecek rekaman CCTV, namun CCTV mati dan bisa merekam aksi kejahatan tersebut.

Kasubsi Pengelolaan Informasi Dokumentasi dan Multi Media (PIDM) Humas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono, dikonfirmasi soal kejadian curat tersebut, menyatakan pelaku masih dalam penyelidikan. “Pelakunya masih dalam penyelidikan,” tegasnya singkat.(cles)