SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

SIPRAJA  Luncurkan 22 Layanan Bantu Mempermudah Masyarakat Sidoarjo

Penulis : Dwi Meliyarosa Haditiya
Prodi Administrasai Publik (Fakultas Bisnis Hukum Dan Ilmu Sosisal )
Universitas Muhamadiya Sidoarjo

       Berbagi macam cara inovasi dalam pelayanan publik terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten Sidoarjo, upaya ini digunakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. sejak adanya pendemik covid -19 pemerintah kabupaten (pemkab) Sidoarjo meluncurkan layanan online cetak mandiri. Bisa dicetak secara mandiri oleh pemohon hanya dengan mengurus melalui aplikasi online SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo).

Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pada masa pendemik covid – 19 dimana masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan agar tidak menambah jumlah pasien yang terinveksi. Faktanya masih banyak dijumpai masyarakat yang kesulitan dalam hal  perizinan karena prosesnya yang tidak efektif dan efisien sehingga menyulitkan masyarakat selain itu banyak nya masyarakat yang mengantri dikantor layanan kecamatan maupun di desa atau kelurahan.

BACA JUGA :  Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Watugolong Krian Ludes Terbakar

Dari permasalahan di atas, pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan sebuah gebrakan baru dengan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang berbasis teknologi yang sudah terangkum dalam 22 layanan cetak sendiri oleh pemohon melalui aplikasi online yang bernama Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) yang bisa diunduh di Google play store  .

Aplikasi SIPRAJA ini terbagi menjadi tiga tipe pelayanan yaitu tipe A, B dan C . Pada pelayanan tipe A  mencakup pada  pengurusan surat keterangan lahir, surat kematian ,surat keterangan tidak mampu, surat keterangan biodata penduduk , surat keterangan umum dari desa serta surat keterangan domisili usaha.

BACA JUGA :  Gus Muhdlor : Bansos Ini Merupakan Wujud Perhatian Pemerintah Akibat dari Pandemi

Tipe B mencakup pengurusan SKCK ,KTP ,KK surat keterangan pindah dan masih banyak lagi. Sedangkan pada tipe C mencakupi pengurusan surat izin usaha mikro kecil, surat mendirikan bangunan (IMB) 200 m2, IMB di atas 200 m2,dll

“Selain bisa cetak sendiri surat yang diajukan, pemohon juga bisa menentukan langsung proses pengajuannya melalui gadget” ujar kepala bagian pemerintahan setda kabupaten Sidoarjo Imam Mukri Afandi.

Sementara itu, keunggulan lainnya masyarakat bisa mentracking atau memantau langsung secara online proses pengajuan suratnya.

“Dengan layanan lacak dokumen pada sipraja masyarakat bisa memantau langsung atau mentracking posisi surat yang diurus lewat android, jika surat sudah selesai ditanda tangani secara elektronik oleh camat atau kepala desa maka pemohon akan menerima notifikasi yang dikirim ke pemohon berupa sms masking sipraja dan email sipraja selanjutnya masyarakat tinggal mencetak mandiri dirumahnya”,ujar Vira Murti Krida Laksmi Kasi Bina Kewilayahan Setda kabupaten Sidoarjo saat memberikan materi sosialisasi kepada para perangkat desa/kelurahan se Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Kejar Herd Imunity, Wabup Subandi Tinjau Vaksinasi di Desa Sedati Agung

Inovasi yang dilakukan oleh kabupaten yang mendapat julukan sebagai kota delta ini lebih berfokus kepada kepuasan masyarakat dalam upaya reformasi birokrasi di selenggarakan dengan kebutuhan dan  harapan masyarakat.

Dengan adanya aplikasi sipraja ini Pemkab Sidoarjo berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih cepat efektif dan efisien.