SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Silpa Sidoarjo Capai 1,2 Triliun, Gus Muhdlor Akan Percepat Lelang Proyek

 

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo terpilih Ahmad Muhdlor akan mempercepat perubahan anggaran keuangan (PAK) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021. sekitar bulan juni atau juli tahup depan.

Tujuannya, untuk menyesuaikan program kerja yang telah dijanjikan semasa kampanye pada Pilkada 2020.

“Kita sudah mulai komunikasi dengan dewan, bagaimana PAK ini di percepat, Juni atau Juli kita langsung eksekusi,” Kata Ahmad Muhdlor saat menghadiri Rapat Paripurna tentang pengumuman berakhirnya jabatan Bupati Sidoarjo tahun 2016-2021. Selasa 26 Januari 2021.

BACA JUGA :  Imbas Penghapusan Santunan Korban Covid-19, Dinsos dan Dewan Masih Mengkaji Skema Pemberian Bantuan

Selain itu, untuk meminimalisir jumlah sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) Tahun 2020 yang mencapai Rp 1,2 triliun. Gus Muhdlor sudah memiliki strategi khusus.

Strategi yang dimaksud yaitu dengan lelang proyek secepat mungkin. “Setelah KUA-PPAS kita langsung upaya untuk lelang, sekitar bulan November. Harapannya bulan Januari langsung dapat dilaksanakan,” ungkap Wakil Ketua DPW PKB Jatim itu.

Saat ini, tambah Gus Muhdlor, lelang proyek pembangunan di Sidoarjo cendrung lambat. Kadang-kadang di bulan November baru bisa dilakukan pembangunan.

BACA JUGA :  Santunan Korban Covid-19 Rp15 Juta Dihapus, yang Telah Diajukan Juga Tidak Bisa Cair

“Sehingga waktunya sangat mepet, dan pasti hasil pekerjaannya tidak maksimal. Makanya kedepan dibutuhkan komunikasi yang intensif dengan dewan. Agar tidak terjadi Silpa yang tinggi,” ujarnya.

Terkait percepatan PAK ini, juga disambut baik oleh Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman.

Menurutnya, ini langkah yang positif untuk mensinkronisasikan program pokok dan visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yang baru.

BACA JUGA :  Dinilai Memberatkan Masyarakat, Ketua MTI Jatim Minta Penurunan Tarif Tol Surabaya-gempol

“Ini langkah yang positif, kita pasti mendukung. Karena ini juga untuk mengakomodir visi misi bupati baru,”ujarnya.

Bagaimana dengan Fraksi-fraksi DPRD Sidoarjo ?

Menurut, Politisi PKB itu, Ahmad Muhdlor dan H. Subandi sudah melakukan komunikasi yang intensif. Sehingga kedepan tidak lagi terjadi kebuntuan komunikasi.

“Kuncinya ada di komunikasi, saya rasa Gus Bupati sudah melaksanakan komunikasi yang baik dengan Fraksi-fraksi,” pungkasnya.(pung/cles)