SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Olahraga Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Sidoarjo Tuan Rumah POPDA XIII Jatim, Bupati Berpesan Jaga Sportivitas

 

(SIDOARJOterkini) – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jawa Timur sekaligus Pekan Olahraga Paralimpik Pelajar Daerah(PEPARPEDA) I Jawa Timur digelar di Kabupaten Sidoarjo. Malam kemarin, event olahraga tingkat pelajar se Jatim tersebut dibuka Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di gedung serbaguna GOR Sidoarjo, Selasa, (8/11).

POPDA diselenggarakan pada 8-12 November 2022, kemudian disusul penyelenggaraan PEPARPEDA pada 14-16 November 2022. PEPARPEDA sendiri merupakan kejuaraan olahraga bagi atlet disabilitas.

Gubernur Jatim Hj. Khofifah dalam sambutannya menyampaikan bahwa event olahraga seperti ini menjadi bagian dari penguatan semangat disiplin generasi penerus bangsa. Selain itu juga akan membangun semangat kebersamaan, persaudaraan dan persahabatan diantara pelajar.

“Penyelenggaraan event olahraga seperti ini menjadi bagian dari penguatan semangat disiplin sekaligus membangun persahabatan untuk dapat saling mengenal dan memperkuat rasa persaudaraan,”sampainya.

Gubernur wanita pertama di Jawa Timur itu juga mengemukakan bahwa kompetisi olahraga kali ini juga bagian dari mencetak atlet-atlet sejak dini. Dikatakannya regenerasi atlet di Jatim penting dilakukan. Hal tersebut senada dengan upaya Pemprov Jatim melaksanakan program pembibitan atlet usia dini.

BACA JUGA :  Inovasi "Peduli Dilan" Pemkab Sidoarjo Raih Top 30 Kovablik Jawa Timur 2022

“Tentu pada gilirannya sebagai sarana membangun Jatim melalui olahraga, sebab kejuaraan atau perlombaan olahraga dikalangan pelajar inilah kita tanamkan mental juara,”ucapnya.

Gubernur Jatim Hj. Khofifah juga bangga terhadap pelajar yang ikut ambil bagian pada event olahraga kali ini. Menurutnya atlet-atlet pelajar adalah duta-duta terhormat bagi olahraga yang patut dibanggakan Jawa Timur dan daerahnya masing-masing.

“Selamat bertanding, junjung sportivitas dan sikap fair play, sukses olahraganya, sukses sekolahnya buat anak-anak ku semua,”ucapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo Gelontor Bansos Total Rp. 1 Miliar Untuk 3.599 Warga Sekitar Kawasan TPA Griyo Mulyo Jabon

Dalam kesempatan itu Hj. Khofifah menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada Kabupaten Sidoarjo yang bersedia menjadi tuan rumah. Ucapan yang sama disampaikan kepada kabupaten/kota seluruh Jatim yang ikut ambil bagian dari kesuksesan event olahraga dua tahunan ini.

“Saya juga sampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara yang telah membantu suksesnya pelaksanaan POPDA XIII dan PEPARPEDA I Jawa Timur di Kabupaten Sidoarjo ini,”sampainya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemprov Jatim yang telah memilih Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah penyelenggaraan event olahraga pelajar tahun ini. Dirinya  mengingatkan kepada seluruh atlet agar menjaga sportivitas. Ia juga meminta atlet pelajar Sidoarjo dapat menunjukkan kemampuannya secara maksimal. Ia berharap Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi juara umum pada kompetisi olahraga kali ini.

BACA JUGA :  Jaga Kebugaran, Danramil 0816/17 Gedangan dan Forkopimka Gowes Bareng Warga

“Jaga sportivitas dan pupuk persahabatan dan persaudaraan,”pesannya.

POPDA XIII tahun ini diikuti 2.516 pelajar dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Selain itu, atlet POPDA XIII didampingi 780 orang pelatih serta ofisial. Ada 15 Cabang Olahraga/Cabor yang di pertandingkan dalam POPDA XIII 15 cabang. Diantaranya atletik, karate, renang, taekwondo, petangue, catur, panahan, balap sepeda, panjat tebing, tenis, wushu, bridge, gulat, sepatu roda dan selam.

Sedangkan PEPARPEDA untuk yang pertama kali digelar diikuti 243 siswa/siswi disabilitas dari 29 kabupaten/kota se-Jatim. Mereka didampingi 114 ofisial. Terdapat empat Cabor yakni Cabor atletik, renang, tenis meja serta bulu tangkis yang dipertandingkan dalam PEPARPEDA I. Peserta yang mengikuti kompetisi olahraga pelajar tersebut maksimal berusia 17 tahun. (cles)