SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Sidoarjo Kekurangan Ribuan PNS

Kepala BKD Sidoarjo, Hj. Sri Witarsih
Kepala BKD Sidoarjo, Hj. Sri Witarsih

SIDOARJO- Pemkab Sidoarjo belum bisa memenuhi kebutuhan ideal pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya saat ini pemkab masih kekurangan sebanyak 1900 pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Hj. Sri Witarsih mengatakan setiap tahunnya banyak PNS yang pensiun. Namun, formasi perekrutan CPNS belum bisa memenuhi kebutuhan.

Penambahan PNS melalui jalur seleksi belum bisa memenuhi kekurangan jumlah PNS yang pensiun. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir tidak ada perekrutan karena ada moratorium PNS dari Kemenpan (Kementrian Aparatur Negara).

BACA JUGA :  Pemotor Tabrak Pejalan Kaki Tak Beridentitas di Jalur Tengkorak Wonokupang Balongbendo

Perekrutan CPNS baru dilakukan lagi tahun 2013 lalu. Itupun formasinya belum bisa memenuhi kekurangan pegawai.

Setiap tahunnya BKD juga mengirimkan surat pengajuan tambahan PNS ke Kemenpan. Namun kuota yang diminta tidak disetujui semua. “Kalaupun disetujui paling banyak 300 formasi,” tandas Witarsih.

BACA JUGA :  Indah Kurnia Anggota Komisi XI DPR RI : Sosialisasi dan Edukasi Waspada Pinjol Ilegal Harus Terus Dilakukan

Seperti pada 2013 seleksi CPNS yang disetujui sebanyak 355 formasi. Padahal, pihaknya mengajukan lebih banyak lagi. Pada tahun 2014 ini BKD mengajukan sebanyak 1900 formasi untuk kebutuhan seleksi CPNS.

BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo Berikan Bantuan Modal Bagi Peserta Pelatihan Kerja Yang Lulus Kompetensi

Saat ini, posisi guru kelas yang banyak dibutuhkan. Guru kelas yang ada di sejumlah sekolah masih banyak yang kosong. Sehingga pada 2014 ini lebih banyak diprioritaskan untuk mencari seleksi posisi jabatan guru kelas. (st-12)

Berita Terkait

Penerimaan CPNS Khusus Warga Sidoarjo

Bolos Habis Lebaran, PNS Tak Naik Pangkat