SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Sidoarjo Baru Jadi Tuan Rumah Festival Kesenian Pesisir Utara 2017

(SIDOARJOterkini)- Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) Propinsi Jawa Timur tahun ini digelar di Kota Pasuruan. Kegiatan yang diselenggaraan tiap tahun tersebut digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur. Ada 14 kabupaten/kota yang menjadi bagian dari kepersertaan FKPU Propinsi Jawa Timur. Seperti Kabupaten Sidoarjo, Tuban, Sumenep, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Situbondo. Sedangkan kotanya adalah kota Surabaya, Pasuruan dan Kota Probolinggo.

Kemarin malam, FKPU 2016 Propinsi Jawa Timur dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, Minggu, (29/5). Hampir semua kepala daerah peserta FKPU hadir dalam kesempatan tersebut. Tidak terkecuali Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH.

Parade busana khas daerah oleh duta wisata masing-masing peserta FKPU mengawali pembukaan FKPU 2016 Propinsi Jawa Timur. Selanjutnya penyerahan pataka dilakukan sebagai tanda FKPU tahun depan dilangsungkan di Kabupaten Sidoarjo. Penyerahan pataka atau tongkat berbendera lambang FKPU Jatim diserahkan maraton oleh tuan rumah FKPU Jatim tahun ini. Yakni oleh Wakil Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo kepada Sekdaprop Jatim Akhmad Sukardi dan diberikan kepada Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH. Ungkapan tanda kesiapan penyelenggaraan FKPU tahun 2017 di Kabupaten Sidoarjo dilakukan Wakil Bupati Sidoarjo usai menerima pataka. Dengan begitu secara resmi FKPU tahun depan di selenggarakan di Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Begal Bacok Warga Tulangan Dengan Pedang di Pagerwojo Buduran, Motor Korban Digondol
BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo

Sekdaprop Jatim Akhmad Sukardi mengatakan FKPU Jatim bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan tradisi di wilayah pesisir utara di Jawa Timur. Dengan digelarnya kegiatan kali ini akan memupuk rasa cinta terhadap seni serta khasana budaya bangsa.

Ia mengatakan melalui kegiatan kali ini juga diharapkan mampu memacu tumbuhnya produk-produk karya seni. Untuk itu ia menilai kegiatan FKPU Jatim penting dilaksanakan. Pasalnya selain dapat memberikan makna, inspirasi serta konstribusi bagi perkembangan seni tradisi di Jawa Timur, juga dapat memberikan wawasan antara seniman.

BACA JUGA :  Berawal Hubungan Kerja, Pria Sukodono Nikahi Bule Australia

Dalam FKPU diselenggarakan berbagai kegiatan. Seperti parade seni budaya pesisir, sarasehan seni budaya maupun pagelaran seni budaya. Selain itu promosi produk-produk budaya juga menjadi bagian dalam FKPU Jawa Timur. (st-13/hms/git)