SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Sidak Supermarket, Bupati Temukan Banyak Mamin Kadaluarsa

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memeriksa mamin kemasan
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memeriksa mamin kemasan

(SIDOARJOterkini) – Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo serta SKPD terkait gelar Inspeksi mendadak (sidak) Makanan dan Minuman (Mamin) jelang lebaran di Hypermarket Lippo Plaza Sidoarjo, Rabu (22/06/2016). Hasilnya, banyak ditemukan mamin kadaluarsa.

Dalam sidaknya, tidak hanya ditemukan mamin kadaluarsa, namun banyak kemasan yang penyok, terdapat makanan ringan kerupuk yang pewarnanya cukup pekat sehingga diduga kuat mengandung zat kimia rhodamin dan permen susu produk luar negeei tanpa keterangan jelas atau tanpa tanggal kadaluarsa.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Endang Safitri saat mengecek permen yang sangat disukai anak-anak itu ternyata kondisinya sangat kering dan keras. “Kalau premen susu kondisinya tidak mengeras, ini dimungkinkan banyak campuran, bahkan kedaluarsa,” kata Endang Safitri.

BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo
BACA JUGA :  Wakil Bupati Sidoarjo : Kualitas Pendidikan di Sekolah Negeri dan Swasta Setara

Banyaknya mamin yang tak layak jual tersebut, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menekankan kepada pemilik agar makanan yang kadaluarsa, makanan rusak supaya ditarik. Karena selain tidak bagus buat konsumen juga membahayakan. “Kalau membeli, saya himbau agar masyarakat bisa lebih jeli. Terutama tanggal kadaluarsanya,” ujar Saiful.(alf)