SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Lima Tahun Bersama Saiful Ilah

Setahun Jadi Bupati, Saiful Ilah Langsung Sabet Adipura

Saiful Ilah saat pertama kali menerima Piala Adipura dari Presiden SBY setelah setahun menjabat Bupati Sidoarjo
Saiful Ilah saat pertama kali menerima Piala Adipura dari Presiden SBY setelah setahun menjabat Bupati Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)- Kabupaten Sidoarjo sempat kehilangan Piala Adipura selama dua tahun. Meski demikian, tekad untuk bisa meraih Adipura lagi menjadi penyemangat Saiful Ilah yang 1 November 2010 dilantik menjadi Bupati Sidoarjo periode pertama.

Kerja keras Saiful Ilah yang didukung oleh masyarakatnya dalam hal kebersihan lingkungan berbuah manis. Buah manis tersebut adalah di raihnya penghargaan Piala Adipura dan piala Adhiwiyata oleh Kabupaten Sidoarjo (5/6/2012).

Dua penghargaan dibidang lingkungan tersebut diberikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,Mhum di Istana Negara. Seperti biasa, kegembiraan mendapatkan dua jenis penghargaan tersebut, diluapkan dengan langsung dikirabnya piala Adipura dan Adhiwiyata oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah selepas turun dari Bandara Juanda Sidoarjo.

Dengan mengendarai mobil jeep terbuka, arak-arakan Piala Adipura dan Adhiwiyata mengelilingi Kota Sidoarjo tersebut disambut antusias oleh masyarakat Sidoarjo.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

Tiba di Jalan Sultan Agung, arak-arakan piala Adipura dan piala Adhiwiyata disambut langsung oleh kesenian Barongsai dan Reog Ponorogo. Tidak mau ketinggalan, Kader-kader lingkungan dan pasukan kebersihan dari Dinas kebersihan dan Pertamanan juga menyambut kedatangan dua penghargaan tersebut.

Dalam kesempatan merayakan dan memamerkan dua piala tersebut kepada masyarakat Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo. Saat itu, Saiful Ilah mengatakan bahwa diraihnya dua penghargaan tersebut adalah hasil kerja dan perjuangan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

”Penghargaan ini merupakan hasil kerja dan perjuangan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sidoarjo dan patut dibanggakan karena merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan mencipta dan menjaga kebersihan di Kabupaten Sidoarjo,” papar Saiful Ilah.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

Saiful Ilah berharap ada tidaknya penilaian maupun penghargaan, kesadaran mewujudkan dan menjaga kebersihan lingkungan yang sehat dan nyaman tetap harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh masyarakat Sidoarjo. Ia mengatakan bahwa menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan, baik untuk kepentingan manusia itu sendiri maupun untuk alam secara keseluruhan.

”Kesadaran akan kebersihan lingkungan merupakan wujud pencitraan aspek jiwa dan moral yang harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan oleh segenap komponen masyarakat, baik di kalangan lembaga formal maupun non formal terutama di kalangan keluarga,”ujarnya.

Beberapa penghargaan yang berhasil diraih Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sidoarjo, membuktikan bahwa kita masih mempunyai semangat untuk bangkit dari keterpurukan akibat bencana lumpur yang sampai saat masih terus berlanjut. Semangat itu harus terus digelorakan agar menjadi penyemangat.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Saiful Ilah menjelaskan, tidaklah mudah untuk meraih Adipura bagi suatu daerah. Apalagi, seperti Kabupaten Sidoarjo yang permasalahannya sangat komplek.

Sidoarjo bukan hanya jumlah penduduknya yang besar. Namun, perusahaan juga banyak, belum lagi penduduk urban dan lainnya. “Butuh kerja keras dan harus bersama-sama untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang hijau dan sehat,” ujar Saiful Ilah disela-sela persiapan kampanye akbar paslon BerSiNar di parkir timur GOR Delta Sidoarjo, Sabtu (5/12/2015).

Ketua DPC PKB Sidoarjo itu berharap agar piala Adipura bisa terus diraih oleh Sidoarjo. Untuk itulah, tekad paslon nomer urut 3, Saiful Ilah dan Nur Achmad Syaifudin jika terpilih lagi memimpin Sidoarjo bertekad akan mempertahankan piala Adipura dan meraih Adipura Kencana. (st-12)