SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Sebanyak 78 SMK Ikuti Lomba Kompetensi Siswa

img_6779

(SIDOARJOterkini)- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo mengelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK. Kegiatan tersebut akan diselengarakan selama tiga hari, mulai tanggal 15 sampai 17 September besok. Tadi pagi, Rabu (14-9-2016). kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik terlaksananya kegiatan tersebut. Kegiatan seperti ini dapat sebagai sarana promosi potensi siswa SMK kepada dunia usaha dan industri. Ia mengatakan Kabupaten Sidoarjo mempunyai cukup banyak SMK. Hal tersebut sejalan dengan upaya menjadikan Kabupaten Sidoarjo menjadi kabupaten vokasi.

“Kabupaten vokasi ini kita canangkan karena di Kabupaten Sidoarjo mempunyai industri yang sangat banyak, baik industri berskala besar, industri menengah maupun industri kecil atau unit usaha,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut ia berharap kegiatan LKS dapat terus berlanjut. Kedepan diharapkannya kegiatan tersebut lebih banyak melibatkan mitra industri. Sehingga akan tercipta sumber daya manusia yang memiliki kompetensi.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Anggota Koramil 0816/05 Tulangan Gelar Halal Bihalal

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Drs. Mustain Baladan M.Pd mengatakan ada 78 SMK negeri maupun swasta yang mengikuti LKS tahun ini. Ada 16 SMK yang menjadi tempat LKS. Masing-masing tempat sesuai bidang lomba. Seperti bidang automobile teknologi yang diikuti oleh 9 SMK di selenggarakan di SMK Negeri 3 Buduran. Sedangkan pada bidang produksi mesin yang diikuti oleh 10 SMK di selenggarakan di SMK YPM 8 Sidoarjo.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dan kompetensi siswa di bidang kejuruan. Dengan begitu citra dan kepercayaan masyarakat terhadap SMK dapat terus meningkat. Ia juga mengatakan melalui kegiatan tersebut akan dipilih duta LKS Kabupaten Sidoarjo. Duta LKS tersebut nantinya diikut sertakan pada kegiatan serupa di tingkat propinsi maupun nasional. Apabila duta LKS Kabupaten Sidoarjo berprestasi ditingkat tersebut maka akan terpilih sebagai duta LKS tingkat propinsi maupun nasional.

BACA JUGA :  Pemotor Asal Wage Tewas Terlindas Truk Trailer di Jalan Trosobo Taman

Sementara itu Kepala Seksi Sarana Pendidikan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Drs. Soekarno MM yang hadir mengatakan kegiatan LKS adalah ajang bergengsi. Bahkan tiap tahun Kementerian Pendidikan R.I menyelenggarakannya. Tahun ini (2016), prestasi membanggakan di raih SMK di Jawa Timur pada ajang LKS SMK tingkat nasional. Jawa Timur dinobatkan sebagai juara umum pada LKS SMK tingkat nasional kemarin.

“Alhamdulillah pada tahun 2016 ini, SMK di Jawa Timur berkat dukungan, bimbingan jajaran pemerintah kabupaten kota, Pemerintah Propinsi Jawa Timur dapat merebut juara umum di tingkat nasional,” ujarnya.

Soekarno juga mengatakan LKS Propinsi Jawa Timur akan dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk. Pelaksanaannya pada bulan Oktober tanggal 24-27. Ada 49 bidang lomba yang dapat diikuti oleh SMK negeri maupun swasta di Propinsi Jawa Timur. Untuk itu ia berharap kegiatan LKS SMK di Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi jembatan prestasi ditingkat propinsi.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/02 Candi Hadiri Istiqhotsah Kubro di Masjid Muktarom Durungbedug

Ia juga menyampaikan prestasi siswa SMK di Kabupaten Sidoarjo bagi Propinsi Jawa Timur patut diancungi jempol. Dalam tiga tahun terakhir ini, torehan prestasi bagi Propinsi Jawa Timur di lakukan oleh SMK di Kabupaten Sidoarjo. Baik torehan prestasi pada kegiatan LKS tingkat nasional maupun dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) belum lama ini.

“Yang terakhir adalah O2SN, dua medali emas langsung disumbangkan oleh SMK di Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

Untuk itu ia meminta kepada peserta LKS untuk dapat mempergunakan kesempatan kegiatan LKS dengan baik. Ia berharap siswa-siswi SMK dapat menunjukkan kemampuan dan skil yang diperoleh di sekolah. “Tolong fokus untuk mengikuti kegiatan ini supaya adik-adik juga bisa nanti kita bawa keajang tingkat nasional bahkan ke Asean skill maupun word skill tingkat internasional,”pesannya. (humas/git/st-12)