SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Satgas TMMD Kodim Sidoarjo dan Dinas Perikanan Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Tawar Bagi Masyarakat Rejeni

 

(SIDOARJOterkini) – Satgas TMMD Kodim 0816/Sidoarjo bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo menggelar pelatihan dan penyuluhan budidaya ikan tawar dan payau bagi masyarakat Desa Rejeni Kecamatan Krembung, Selasa 23 Agustus 2022.

Sasaran non fisik Program TMMD Kodim Sidoarjo tersebut diikuti 100 warga dengan dihadiri Kepala Bidang Produksi Budidaya Dra. Silfiati, MM beserta staf Dinas Perikanan, Dan SSK Satgas TMMD Kapten Arh Aan Chunaidi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Produksi Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo Silfiati menjelaskan, pelatihan yang digelar untuk menambah pengetahuan masyarakat baik teknis dan tata cara pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan kolam ikan budidaya air tawar.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Bersama Deltamania Gelar  Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

“Kita sampaikan bagaimana cara memelihara dan membesarkan serta memanen hasil ikannya dengan memanfaatkan lahan kosong warga,”ucapnya.

Selain itu lanjut Silfiati, dalam pelatihan juga disampaikan bagaimana meningkatkan mutu hasil perikanan dan terjaminnya keamanan pangan dari produk perikanan di wilayah dengan menerapkan berbagai proses atau cara budidaya mulai dari sanitasi, pakan, obat ikan dan bahan kimia serta biologis.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

“Kita tahu, jenis ikan air tawar prospeknya cerah, memiliki nilai ekonomis tinggi dan strategis serta mudah dibudidayakan, seperti ikan lele misalnya selain rasa dagingnya lezat, gurih dan tidak berduri, kaya protein, rendah kolesterol, aman dikonsumsi, dan harganya terjangkau sehingga banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan.” Tambahnya.

Sementara itu Kapten Arh Aan Chunaidi mengatakan, penyuluhan dan pelatihan budidaya ikan tawar dan payau yang digelar agar masyarakat mengetahui tata cara budidaya ikan air tawar dengan benar.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Budidaya ikan akan lebih produktif, berkualitas. Dan kita berharap, produksi perikanan bisa lebih meningkat.” ungkapnya.

H. Solikan (52) salah seorang peserta penyuluhan mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya penyuluhan perikanan yang dilaksanakan di desanya, karena selama ini petani budidaya ikan air tawar hanya belajar secara otodidak.

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bila dipraktekkan tentunya bisa menambah penghasilan masyarakat,”ujarnya. (cles)