SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Renovasi Mal Gajahmada Kelar, PKL Siap Dimasukkan

Mall Gajahmada

(SIDOARJOterkini)- Renovasi gedung eks Matahari atau Mall Gajahmada di Jalan Gajahmada, Sidoarjo hingga saat ini sudah mencapai 75 persen. Nantinya, PKL yang berjualan areal itu akan disterilkan.

Awal tahun 2016 nanti semua stan hingga penataan pasar tradisional Jetis sudah rampung dan bisa dimulai difungsikan. “Awal tahun depan mall Gajahmada sudah kita operasionalkan semua,” ujar Direktur Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha, Amral Soegianto.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

Untuk penataan pasar, PD Aneka Usaha akan membentuk kelompok pasar Jetis yang nantinya bertanggung jawab menertibkan pedagang pasar. Pentolan dari kelompok tersebut akan diserahi tanggung jawab untuk menata pedagang pasar Jetis yang masih membandel berjualan di area yang dilarang.

Pedagang pasar Jetis akan ditata masuk di stan sisi barat mall Gajahmada tersebut. Penataan dilakukan agar masyarakat yang memasuki area stan bisa lebih leluasa. “Saat ini kan masih terhambat keberadaan pasar jika masuk dari sisi barat kampung batik Jetis,” ujar Amral.

BACA JUGA :  Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Panen Perdana Padi Varitas HMS.700 di Desa Gempolklutuk

Amral menambahkan, semua pedagang akan diakomodasi untuk pindah di stan yang telah disediakan. Pihaknyanya tidak akan menarik biaya sewa kepada pedagang. “Hanya uang kebersihan dan retribusi saja,” tambahnya.

Amral menegaskan, khusus untuk stan pasar akan mengakomodir sebanyak 110 stan. Sedangkan untuk PKL sebanyak 34 PKL yang mangkal di kawasan gedung tersebut.

BACA JUGA :  Sebuah Motor Raib Digondol Maling, Saat Pemiliknya Halal Bihalal di Balonggabus Candi

Saat ini kondisi pasar yang berada di sebelah utara Masjid Jami’ Al-Abror tersebut memang membuat akses jalan dari sisi barat menjai lebih sempit. Belum lagi banyaknya pembeli serta para pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut membuat daerah tersebut sering macet.(st-12)