SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Rampas Tas Ibu-ibu di Anggaswangi, Jambret Babak Belur Dihajar Warga

IMG-20160903-WA0000
(SUKODONOterkini) – Ilham Gifahril Ramadan (21), warga Jl Cahyono, Desa Sawotratap No. 43, RT 02 RW 11, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo babak belur di massa warga di Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo setelah menjambret tas milik Mutmainnah (43), warga Wonokitri, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya, Sabtu (03/09/2016) dini hari.

Kapolsek Sukodono, AKP Subadri menceritakan bahwa saat itu korban usai dari rumah pertama di kawasan Wonokitri, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya dan hendak ke rumah kedua menggunakan motor Beat nopol L 6725 KU di kawasan Dusun Kuweni, Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. “Dalam perjalanannya, korban diikuti dua pelaku menggunakan motor Kawasaki Ninja tak bernopol,” ucap AKP Subadri.

BACA JUGA :  Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Panen Perdana Padi Varitas HMS.700 di Desa Gempolklutuk

Setiba di depan Perumahan Graha Mutiara, Desa Anggaswangi, kedua pelaku berhasil mengambil dan membawa kabur tas milik korban setelah tali tas diiris menggunakan pisau. Mengetahui tasnya di bawa kabur, korban langsung meneriaki pelaku. Saat itu, ada puluhan warga yang sedang ngelayat. Namun pelaku tidak berhasil diberhentikan. Para warga pun tak kehabisan akal. Dirinya menelphone warga lain yang sedang nongkrong diwarung kopi sehingga berhasil di tangkap.

BACA JUGA :  Sebuah Motor Raib Digondol Maling, Saat Pemiliknya Halal Bihalal di Balonggabus Candi

“Ketika korban meneriaki jambret, warga yang sedang ngelayat langsung menelphon warga yang berada di warung atau sebelum di jalan kejadian. Sehingga warga sudah mengantisipasi dengan cara menghadang menggunakan kursi yang terbuat dari bambo (Bayang),” terang Subadri.

Dengan adanya hadangan tersebut, lanjut Subadri, pelaku malah menancapkan gas motornya, sehingga pelaku terjatuh. Sementara itu, warga yang geram dengan perbuatan pelaku, puluhan warga langsung menangkap dan menghajar massa serta motor milik pelaku di bakar. “Pelaku ada dua. Yang satu berhasil di tangkap dan yang satunya berhasil kabur. Karena saat hendak ditangkap warga, pelaku mengacungkan pisau yang dibawanya,” katanya.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

Beruntung petugas patroli tidak jauh dari tempat kejadian, sehingga dengan cepat, pelaku yang sudah babak belur bisa diamankan ke Mapolsek Sukodono beserta bangkai sepeda motor milik pelaku. “Pelaku sudah kita amankan ke polsek untuk dimintai keterangan. Sedangkan untuk pelaku yang berhasil kabur, petugas kita kerahkan untuk melakukan pengejaran,” pungkasnya.(alf)