SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Polisi Teropong Indikasi Penyelewengan PTSL Sejumlah Desa di Sidoarjo

 

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo AKP Oscar Stevanus Setja

(SIDOARJOterkini) – Indikasi penyelewengan pada program sertifikat masal PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) beberapa desa di Sidoarjo telah masuk dalam teropong pihak kepolisian. Hal tersebut diungkapkan Kasatreskrim Polresta Sidoarjo AKP Oscar Stevanus Setja, Kamis 14 Oktober 2021.

Disampaikan Kasatreskrim, pihaknya telah melakukan monitoring di sejumlah desa di Sidoarjo yang tengah mengikuti PTSL. Dirinya berharap jangan ada lagi Kades ataupun panitia PTSL yang tertangkap karena melakukan penyelewengan.

“Saya meminta kepada para Kades untuk segera mengembalikan pungutan apabila dalam pelaksanaan PTSL melakukan penarikan pungutan di luar aturan yang diperbolehkan,”tegasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Tulangan Dampingi Tim BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Bangunan Candi Mantingan
BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

PTSL merupakan program pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk mendapatkan legalitas tanah yang dimiliki berupa penerbitan sertifikat. Dalam aturannya, program PTSL untuk masyarakat secara gratis. Masyarakat hanya dibebankan atas biaya pembuatan patok batas tanah dan materai.

“Jalankan PTSL sesuai aturan yang ditetapkan atau berurusan dengan hukum,”tandasnya.

BACA JUGA :  Wabup Sidoarjo Buka PKD dan Diklatsar GP Ansor Kecamatan Prambon

Seperti yang sudah diberitakan, Kades Klantingsari Kecamatan Tarik tertangkap tim Saber Pungli dalam operasi tangkap tangan (OTT) di rumahnya. Tersangka melakukan pungutan kepada warganya untuk berbagai berkas yang akan diurus sebagai persyaratan PTSL(cles)