SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Hukum & Kriminal Indeks Profil

Polisi di Era Globalisasi

 

Penulis : Brigtar Rosyade Atiq Fepiosandi No. AK. 18.164.

Era globalisasi membuat dunia seolah olah tidak memiliki batasan apapun. Hal ini terjadi karena globalisasi membuat seluruh negara terhubung tanpa batasan seperti tidak memiliki sebuah batas antar wilayah. Segala informasi ataupun hal-hal lainnya sangat mudah sekali untuk ditembus di era global ini.

Hal tersebut tentunya membawa sebuah kabar baik, dimana semua orang bisa melakukan apapun tanpa harus terbatas dengan jarak maupun biaya. Namun, dari hal ini dapat dilihat sebuah dampak negatif dimana kita tidak terlalu memiliki sebuah privacy, yang mana artinya orang-orang dapat mengetahui berbagai informasi mengenai masalah seseorang ataupun sebuah negara baik permasalahan internal maupun eksternal.

BACA JUGA :  Kanwil DJP Jatim II Gencar Sosialisasikan PPS

Adanya globalisasi membuat sebuah ataupun seluruh negara harus bertindak lebih untuk menjaga keamanan ataupun privacy mereka. Berdasarkan data, kejahatan yang timbul dari adanya globalisasi ini cukup besar, dimana di Indonesia sendiri hampir menembus 42 ribu kasus.

Kejahatan yang timbul dari adanya efek globalisasi ini biasanya seperti terorisme, perdagangan manusia, cyber crime, ujaran kebencian, penyebaran berita bohong (hoaks), penyelundupan satwa liar dan kekayaan botani serta hayati, pencucian uang, korupsi, perdagangan gelap senjata api dan narkoba, pembajakan di laut, pencurian atau bahkan penyelundupan objek-objek budaya hingga perdagangan organ tubuh manusia.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Adanya hal-hal tersebut tentunya membuat polisi yang mana memiliki tugas sebagai sebuah aparat penjaga keamanan harus bekerja lebih keras lagi dibanding masa-masa sebelum era globalisasi ini meningkat.

Polisi dinilai harus lebih menguasai kembali berbagai hal yang berhubungan dengan digital agar berbagai kasus yang melibatkan hal tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, hal tersebut juga sangat penting untuk mencegah kejahatan-kejahatan lainnya efek dari globalisasi.

Selain itu, polisi juga harus meningkatkan sebuah kerjasama keamanan antar negara untuk mencegah ataupun menangani berbagai kejahatan dari globalisasi. Hal ini terjadi karena kejahatan yang timbul dari efek globalisasi merupakan sebuah kejahatan kompleks, dimana melibatkan antar negara.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Monitoring Penetapan DPS Pilkades Penatarsewu

Peningkatan kerjasama yang dapat dilakukan oleh polisi ialah penguatan kapasitas dan tukar menukar informasi, dimana hal ini tentunya sangat penting agar polisi lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi.

Hal-hal yang telah dilakukan oleh polisi tersebut tentunya perlu memiliki dukungan dari berbagai lembaga, dimana salah satunya ialah dukungan dari masyarakat. Untuk mendukung agar hal tersebut dapat berjalan dengan baik, masyarakat dapat lebih berhati-hati lagi untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan internet ataupun hal-hal digital lainnya.