SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pj Bupati dan Forkopimda Ziarah ke Makam Mantan Bupati Sidoarjo Pada Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 162

(SIDOARJOterkini) – Pj Bupati Sidoarjo bersama dengan Forkopimda dan seluruh kepala OPD melakukan ziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo terdahulu. Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan hari jadi ke Kabupaten Sidoarjo ke 162.

Ziarah pertama dilakukan di makam Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo. Namun sebelumnya dilakukan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga dan doa bersama di makam Bupati R. Suriadi Kertosuprojo yang pernah memimpin Sidoarjo di tahun 1950-1958.

Selepas ziarah di makam Bupati R. Suriadi Kertosuprojo, peziarah dibagi menjadi tiga tim. Pj. bupati berziarah ke makam Bupati pertama Sidoarjo RT.Notopuro. Bupati yang bergelar RTP. Tjokronegoro I tersebut dimakamkan di makam Asri Hing Pendhem yang berada di belakang Masjid Agung Sidoarjo. Dari situ bergeser ke makam bupati ketiga Sidoarjo R.P. Sumodiredjo yang dimakamkan di tempat pemakaman yang sama.

BACA JUGA :  Satgas Covid-19 dan 3 Pilar Kecamatan Tanggulangin Gelar Vaksinasi di Desa Kalitengah

Selepas dari makam Asri Hing Pendhem, rombongan Pj. bupati ziarah kemakam Tjondronegoro. Dimakam tersebut terdapat makam bupati R.A.A.P. Tjondronegoro I serta R.A.A. Tjondronegoro II dan R.A.A. Soejadi. Kemudian rombongan ziarah menuju makam Rekso Praloyo. Dimakam yang bersebelahan dengan makam Asri Hing Pendhem tersebut terdapat makam Bupati Sidoarjo Kolonel. Polisi. H. Soewandi.

Usai berziarah ke makam bupati Sidoarjo yang berada di Sidoarjo, rombongan bergerak ke makam Boto Putih Surabaya. Di makam tersebut terdapat makam bupati Sidoarjo ke dua, Kanjeng Djimad Djokomono. Bupati Sidoarjo yang bergelar RTAA Tjokronegoro II tersebut merupakan kakak kandung bupati Sidoarjo pertama.

BACA JUGA :  Diduga Kelebihan Muatan, Truk Muat HCl Terguling di Jalan Keret Krembung

Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan ziarah yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para bupati Sidoarjo. Dirinya mengatakan jasa besar para pemimpin Sidoarjo harus selalu diingat masyarakat Sidoarjo. Tanpa jasa mereka, Kabupaten Sidoarjo tidak akan bisa berkembang seperti saat ini.

Di Tempat terpisah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sidoarjo Beny Airlangga Yogaswara berziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo H. A. Chudlori Amir di makam Islam Jetis Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan berziarah ke makam bupati Bupati Sidoarjo R. H. Samadikoen di Dusun Pandan Kecamatan Pacet Mojokerto. Untaian doa dipanjatkan Benny Airlangga bersama pejabat lainnya kepada arwah bupati yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1959 sampai tahun 1964 tersebut.

BACA JUGA :  Polsek Krembung Amankan Jalannya Vaksinasi Covid-19 di Pura Penataran Agung Margo Wening

Sedangkan tim lainnya berziarah ke TMP Suropati Malang. Rombongan dipimpin oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo Mohammad Ainur Rahman, AP,M.Si. Di TMP Suropati Malang terdapat pusara mantan Bupati Sidoarjo Kol.Pol. H.R. Soedarsono yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1965 sampai 1975. (*/cles)