SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pojok Desa

Pesona Long Storage Kalimati Berpotensi Menjadi Destinasi Wisata Baru

 

(SIDOARJOterkini) – Waduk Long Storage Kalimati di Kecamatan Tarik, Sidoarjo menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Pesona alam yang ditawarkan menjadikan waduk yang dibangun tahun 2019 tersebut banyak dikunjungi warga.

Waduk dengan luas 5 Kilometer persegi yang mampu menampung air 1,6 Juta kubik dari sungai Brantas tersebut nampak indah saat pagi hari. Guratan cahaya mentari pagi menyapu permukaan air yang memenuhi kebutuhan air bersih di dua Kabupaten yakni Mojokerto dan Sidoarjo.

“Pemandangannya terlihat bagus saat matahari terbit di pagi hari ,”ungkap Yuni Sarah warga Ngagrek Prambon.

BACA JUGA :  Kapolresta Resmikan Masjid Al - Ikhlas Polresta Sidoarjo

Dirinya mengaku, selain pesona alamnya, di sekitar waduk banyak pedagang yang menjual berbagai jajanan dan minuman, menjadikan long storage dijadikan tempat berlibur bagi warga.

“Pas banget, sebagai tempat berlibur gratis bersama keluarga,”imbuhnya.

Namun, potensi yang dimiliki Long storage sebagai jujugan wisata, belum terkelola dengan baik. Banyaknya sampah berserakan dan kurangnya pepohonan yang memperteduh dan memperindah kawasan tersebut perlu adanya campur tangan dari pemerintah.

BACA JUGA :  Magister Pengembangan SDM Unair Surabaya, Berbagi Tips Hadapi Kepanikan Saat Pandemi Covid-19

“Seharusnya ditempatkan tempat sampah yang tersebar di beberapa titik agar tidak terlihat kumuh, ya paling tidak ada petugas kebersihan ,”ucap Rahmat warga Tarik.

Pemerintah harus melirik potensi yang dimiliki Long storage Kalimati selain sebagai waduk penampung air. Menurut Rahmad, kalau potensi tersebut digali tentu akan menjadi sebuah tempat wisata yang bagus dan bermanfaat. Pengelolaan pedagang yang bagus, penambahan lampu penerangan serta pepohonan yang rindang akan menunjang long Storage Kalimati menjadi sebuah Destinasi wisata baru di kota pinggiran Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  DPMPTSP Sidoarjo Siap Luncurkan OSS RBA Untuk Sistem Perizinan Lebih Cepat dan Ringkas

“Bila perlu dibangun wahana bermain bagi anak-anak,”ujarnya.

Senada disampaikan Nyono warga Brangkal Mojokerto, banyak potensi terpendam dari Long storage Kalimati yang belum digali, padahal keindahan waduk ini sudah terdengar hingga keluar daerah, dan sempat viral di media sosial.

“Dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk menjadikan Long storage Kalimati menjadi Destinasi wisata,”ucap Nyono yang datang ke Long storage bersama komunitas Gowesnya. (rif/cles)