SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pesawat Angkasa Air “Jatuh”, 30 Penumpang Tewas

Simulasi pesawat terbakar di Bandara Juanda
Simulasi pesawat terbakar di Bandara Juanda

(SEDATIterkini) – Pesawat Angkasa Air dengan nomor penerbangan SUB 008 dari Singapura menuju Surabaya jatuh saat sebelum mencapai landasan Bandara Internasional Juanda, kecamatan Sedati, Sidoarjo, Kamis (02/06/2016). Akibatnya, 30 penumpang dikabarkan tewas.

Jatuhnya pesawat yang mengangkut 195 orang itu, dikarenakan mengalami downdraft atau pergerakan udara yang menurun tiba-tiba, sehingga mengakibatkan pesawat terjatuh dan terbakar. Sedikitnya, lima mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Dilokasi, tangisan dan rintihan karena kesakitan mewarnai evakuasi jatuhnya pesawat jenis Airbus Tipe A-330 tersebut. Belasan ambulan juga terlihat bolak balik mengangkut sebanyak 165 penumpang yang selamat.

BACA JUGA :  Personil Koramil 0816/08 Jabon Jalani Pemeriksaan Kesehatan
BACA JUGA :  Wujudkan Sidoarjo Bebas Polio, Dinas Kesehatan Optimalkan Sub PIN Polio

Berikut suasana kegiatan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-88 yang digelar oleh PT Angkasa pura I Bandata International Juanda. “Simulasi ini diadakan untuk menguji kesiapan instansi terkait penanganan bencana. Juga untuk menguji kehandalan serta kemamuan seluruh personel,” ungkap Yuwono, General Manager Bandara Juanda.

BACA JUGA :  Call Center 112 Menjadi Solusi Bagi Warga Sidoarjo Jika Lampu PJU Mati

Dirinya menambahakan dengan simulasi ini, para karyawan mempunyai skill kerja cepat dalam hal kebakaran pesawat, penyelamatan korban luka dan evakuasi korban meninggal serta identifikasinya. “Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas serta pelayanan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, khususnya dalam rangka penanganan bencana,” pungkasnya.(alf)