SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Perubahan Anggaran Keuangan di Surabaya Tahun 2021

 


Penulis: Elvira Nur Oktavia
Mahasiswa Prodi Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sudah hampir dua tahun negara kita sedang tidak baik baik saja, dikarenakan virus covid- 19 sudah mulai merajalela dikalangan masyarakat. Banyak masyarakat mengalami kesulitan untuk mencari uang, banyak usaha mulai gulung tikar, perusahaanpun memiliki banyak kerugian sehingga perusahaan mengurangi sebagian karyawannya.

Banyak orang tua yang mengeluh tentang biaya anak seperti pembayaran SPP, dan pembelian seragam sekolah . Masyarakat pun mulai bingung akan keadaan yang seperti ini.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama dengan pimpinan DPRD kota surabaya ini mulai menandatangani rencana peraturan daerah (RAPERDA ) dalam perubahan APBD Surabaya ini pada tahun 2021 mulai melangsungkan penandatanganan yang dilaksanakan di gedung DPRD di Surabaya pada hari Rabu (29/09/2021)

Wali kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan P-APBD atau perubahan anggaran keuangan (PAK) di Surabaya tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp 8,9 triliun atau lebih tepatnya Rp 8,966.428.340.891 setidaknya ada beberapa penyesuaian skala prioritas dalam PAK.

BACA JUGA :  Jadi Tahanan Pengadilan, Sopir Vanessa Dipindahkan Ke Lapas Jombang

“Sebenarnya dengan PAK ini mulai menyesuaikan dari kegiatan yang memang dilakukan untuk kepentingan covid-19 kata Wali kota Eri saat ditemui usai rapat paripurna.

Dijelaskannya, pada P-APBD di kota Surabaya tahun 2021 diprioritaskan untuk urusan pemulihan ekonomi masyarakat. Banyak anggaran pembangunan proyek fisik di pemerintah kota Surabaya (proyek ) yang akan dialihkan untuk kebangkitan ekonomi. Sehingga banyak dari proyek kegiatan fisik dikurangi. Sesuai arahan dari DPRD dan juga masukan – masukan dilakukan untuk kepentingan covid 19 dan kebangkitan ekonomi.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Sidoarjo Serahkan Bantuan CSR ke Delapan Desa Finalis Sidoresik

Ketua DPRD kota Surabaya, Adi Sutarwijon ini memastikan bahwa P-APBD Surabaya pada tahun 2021 ini sudah disahkan oleh walikota bersama dengan pimpinan DPRD Surabaya APBD ini sudah disahkan oleh walikota dan juga DPRD Surabaya.

Beliau berharap, agar pelayanan publik terutama dari masyarakat kecil akan diprioitaskan. Ada juga beberapa pemanfaatan dalam P-APBD Surabaya pada tahun 2021 membahas tentang anggaran untuk pengadaan seragam bagi siswa dari keluarga yang masyarakat berpenghasilan rendah bisa di sebut (MBR) serta juga menguatkan insentif untuk RT/RW ada anggaran untuk pengadaan bagi masyarakat MBR dan juga penguatan kinerja RT/RW.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Depan SPBU Sidorejo Krian, Dua Orang Luka-luka

Dirinya juga menyebutkan bahwasannya pihaknya juga memberikan masukan kepada pihak Pemkot Surabaya agar memprioritaskan pemulihan ekonomi P-APBD pada tahun 2021 khususnya pada sektor UMKM yang ada di kota pahlawan.

Salah satu pesan dari DPRD Surabaya adalah memberikan perhatian terhadap pemulihan ekonominya. Terutama kepada sektor UMKM yang selama masa pandemi covid-19 yang tergerus luar biasa akibatnya pengetatan pembatsan kegiatan di masyarakat.