SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Pertagas Bersama Puskesmas Tanggulangin Lakukan Edukasi Pola Hidup Sehat Pada Warga Penatarsewu

 

(SIDOARJOterkini) – Pertamina Gas (Pertagas ) bersama Puskesmas Tanggulangin menggelar Sosialisasi dan edukasi kepada warga Desa Penatarsewu tentang penyakit tidak menular dan penyakit kanker servik, di Pendopo desa Penatarsewu, Kamis 18 November 2021.

Disampaikan dr Yuyun petugas Puskesmas Tanggulangin, sosialisasi tentang pencegahan berbagai penyakit dan edukasi tentang pola hidup sehat bagi warga pedesaan sangat diperlukan.

“Apalagi di Desa Penatarsewu, warganya banyak yang menggeluti usaha ikan asap,”ungkap Yuyun.

BACA JUGA :  Frontage Road Terus Dikebut, Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Pembebasan Lahan

Artinya lanjut Yuyun, banyak warga yang setiap hari bergelut dengan asap dan resiko terkena penyakit pernapasan atau ISPA sangat tinggi.

“Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh warga agar terhindar ISPA diantaranya selalu menggunakan masker dan menjaga lingkungan kerja tetap bersih,”ucapnya.

Senada disampaikan fasilitator dari Dompet Dhuafa Muslihad, Desa Penatarsewu merupakan kampung Asap. Banyak warga yang usaha ikan asap, dengan demikian asap yang dihasilkan oleh tungku pengasapan sewaktu-waktu akan mengancam kesehatan.

BACA JUGA :  Begal Yang Nyaris Tewas Dimassa di Jalan Lebo Sidoarjo Sempat Ancam Bunuh Korbannya

“Resiko tersebut bisa dikurangi kalau semua warga disiplin menggunakan masker,”ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Pertagas Zwita menyampaikan, kesehatan itu sangat mahal harganya, perlu kesadaran tinggi untuk bisa menjaga tubuh selalu sehat.

“Kita berharap dengan apa yang disampaikan oleh tim kesehatan dan lainnya bisa menjadikan sebuah peringatan untuk melakukan pencegahan berbagai penyakit,”ujarnya.

BACA JUGA :  Pengelolaan SDM Terus Diperbaiki, Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan BKN Award

Sekretaris Desa Penatarsewu Heryanto menyampaikan terima kasih kepada Pertagas dan tim kesehatan dan semua pihak yang telah memberikan pencerahan kepada warganya tentang hidup sehat.

“Sangat bermanfaat, semoga warga bisa menjalankan apa yang disampaikan dan terhindar dari berbagai penyakit.(nic/cles)