SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Permudah Pengurusan Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, dan Asimilasi, Lapas Sidoarjo Launching Si PEMUDA

 

(SIDOARJOterkini) – Inovasi kinerja dilakukan Lapas Kelas II A Sidoarjo untuk mempermudah dan mempercepat layanan dengan melaunching Program Inovasi Pemasyarakatan Desa (Si PEMUDA) di kantor kelurahan Magersari Kecamatan Sidoarjo Kota, Rabu 19 Mei 2021.

Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji yang didampingi Plt Lurah Magersari Bambang Prasetio menjelaskan, Si PEMUDA akan memecahkan persoalan yang terjadi saat pengurusan Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, dan Asimilasi.

Dipaparkan Teguh, pelayanan asimilasi pada 2020 sejumlah 290 orang. Dengan 229 orang atau sekitar 79% diantaranya merupakan pengguna layanan di luar Sidoarjo.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo : Betonisasi Jalan Jatikalang-Pawindo Krian Selesai Pertengahan Juli, Lebih Cepat Dari Target

“Kondisi ini berisiko menyebabkan pengurusan administrasi yang lamban, tidak efektif dan tidak efisien,” ucapnya.

Kehadiran Si PEMUDA untuk memudahkan pengurusan admnistrasi usulan hak integrasi dan asimilasi. Melalui Si PEMUDA Pemohon tidak perlu ribet untuk proses pengambilan dan pengembalian berkas.

BACA JUGA :  Tukang Cuci Bus di Garasi Waru Tewas Terlindas Bus Hendak Parkir

“Si PEMUDA akan memangkas jarak dan waktu sehingga kelambanan pelayanan bisa dihindari, selain itu akan terjalin sinergitas dengan pemerintahan setempat untuk saling mengawasi sehingga praktik KKN bisa dihapus,”ucapnya.

Sementara Plt Lurah Magersari Bambang Prasetio mengapresiasi inovasi yang dilakukan Lapas Sidoarjo. Pihaknya berharap program ini bisa dikembangkan ke kelurahan/ desa lain di Sidoarjo. Sehingga, semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini.

BACA JUGA :  PKB Sidoarjo Dukung Gelaran Turnamen Voli "Arked Cup" Kedungrejo Waru

“Kami siap mendukung, Sinergitas yang terjalin tentunya akan menguntungkan kedua institusi,”tandasnya. (cles)