SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan Profil

Perjuangan Rahmat Muhajirin Bantu Warga Gedangan Membuahkan Hasil

Kesepakatan antara warga Dusun Demeling dengan pihak PT TBL berbuah manis.

(SIDOARJOterkini) – Perjuangan Rahmat Muhajirin dan istrinya Mimik Idayana untuk memediasi warga Dusun Demeling Desa Gedangan dengan pihak PT Tunas Baru Lampung (TBL) produsen migor Rosebrand membuahkan hasil positif.

Ada beberapa kesepakatan yang dibuat antara PT TBL dengan warga. Di antaranya, PT TBL menyetujui segala tuntutan warga dan bersedia menandatangani perjanjian tertulis dengan warga. Kesepakatan itu juga berbuah manis untuk warga. Yakni, PT TBL membuat unit pengolahan limbah serta memasang sanitasi air bersih PDAM secara gratis kepada warga Dusun Demeling Desa Gedangan.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

Rahmat mengaku bersyukur dengan hasil mediasi tersebut. Apalagi sudah 10 tahun mediasi itu buntu. Warga yang merasa tercemar lingkungan akibat pengolahan perusahaan tersebut hanya bisa gigit jari. “Alhamdulillah sudah ada jalan keluar terbaik antar kedua belah pihak,” ujar anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Ucapan terima kasih juga mengalir kepada politisi asal Candi tersebut. Dia bersama istrinya dianggap maksimal membantu dan memberikan perhatiannya atas kasus yang dihadapi warga Dusun Demeling.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Seperti diketahui, sudah sejak 10 tahun ini warga merasa gerah atas limbah PT TBL yang mencemari lingkungan desa. Akibat limbah itu, air tanah menjadi kotor dan tidak bisa dimanfaatkan warga.

Warga menyebut segala upaya sudah mereka tempuh. Namun, tidak ada penyelesaiannya. Mereka lalu berunjuk rasa menutup akses jalan pabrik pada 23 Desember 2019. Atas terjadinya aksi ini, Rahmat Muhajirin yang merupakan anggota Fraksi Gerindra DPR RI, dihubungi oleh warga Gedangan agar bisa menenangkan warga yang berunjuk rasa.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

Rahmat kemudian mengupayakan advokasi dan mediasi antara warga dan pihak perusahaan yang difasilitasi oleh Kapolresta Sidoarjo. Mediasi yang dipimpin Kapolresta Sidoarjo berjalan lancar antara perwakilan warga, dan perwakilan perusahaan. (st18)