SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Peringati Sumpah Pemuda, Festival 76 Indonesia Adalah Kita Digelar Serentak di 6 Kota

 

SIDOARJOterkini l Surabaya- Peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2023 menjadi momentum yang tepat untuk menggelorakan kembali kebangkitan generasi muda dan kebanggaan terhadap Indonesia. Sebagai bagian dari peringatan sumpah pemuda tahun ini, 76 Heppiii Community, kumpulan berbagai komunitas anak muda di Indonesia, menginisiasi sebuah Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 yang akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Sabtu 28 Oktober 2023 sejak siang hingga malam hari.

Koordinator 76 Heppiii Community Ronald Theo Lesmana menjelaskan, Festival IAK 2023 digelar oleh komunitas dengan menghadirkan berbagai macam kreasi, skill, dan beragam kolaborasi yang melibatkan generasi muda di enam kota terpilih. Pemilihan enam kota yaitu Pasuruan, Sidoarjo, Madiun, Solo, Semarang, dan Purwokerto dilatarbelakangi keinginan agar generasi muda perkotaan kembali mengambil peran penting dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

“Melalui Festival IAK 2023 kami ingin mendorong generasi muda khususnya di perkotaan untuk berkreasi, berkarya dan menjadi bagian dari kemajuan Indonesia. Generasi muda adalah harapan bangsa, masa depan bangsa ini adalah masa depan mereka juga, karena Indonesia bukan tentang seberapa banyak gedung-gedung bertingkat. Bukan tentang seberapa banyak pulau-pulau. Tetapi, Indonesia adalah tentang seberapa banyak pribadi-pribadi yang mencintai bangsa ini karena Indonesia Adalah Kita” jelas Ronald melalui keterangan resmi di Surabaya, Rabu (25/10).

Dengan tagline ‘STOP BODO AMAT, JADILAH MANFAAT, STOP GENGSI, BANYAKIN AKSI’ Festival IAK 2023 akan diramaikan dengan hiburan musik dari sejumlah band nasional dan daerah. Beberapa band ternama seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, turut juga dimeriahkan oleh FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink yang akan menjadi penghibur di setiap kota.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

Untuk mewadahi kreativitas generasi mudanya, di setiap kota juga akan di gelar berbagai aktivitas seperti panggung kesenian daerah, bazaar UMKM kuliner & produk kreatif, lomba kreasi mural/grafiti, eksibisi komunitas BMX, skateboard dan b-boy/street dance.

Menurut Ronald, generasi muda adalah harapan dan masa depan bangsa, terutama generasi muda di perkotaan yang sudah akrab dengan digitalisasi membuat hampir semua anak-anak muda di berbagai kota dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, melalui Festival IAK 2023 ini 76 Heppiii Community berharap dapat mendorong peningkatan skill, kreativitas, inovasi serta kolaborasi di antara generasi muda tersebut.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

Itu sebabnya, mewakili 76 Heppiii Community, Ronald mengajak generasi muda di berbagai Kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah tempat acara tersebut berlangsung, dapat hadir dan ikut berpartisipasi langsung.

“Kami mengajak dan mengundang generasi muda di Purwokerto, Solo, Semarang, Pasuruan, Sidoarjo, dan Madiun untuk hadir dan bisa mengekspresikan aktivitas kreatifnya. Dan tentu saja sambil menikmati musik berbagai genre, kuliner, serta UMKM produk-produk lokal Indonesia,” ujar Ronald.

Festival IAK di 6 kota ini akan dipusatkan di Alun alun Kota Madiun, lapangan parkir GOR Untung Suropati Pasuruan, kemudian halaman parkir seberang Transmart Sidoarjo, lalu di Jawa Tengah ada di Purwokerto yang berlokasi di Menara Pandang Teratai, kemudian di Semarang yang bertempat di Sam Poo Kong, dan Solo bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran.