SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Peringati HPN 2022, PWI Sidoarjo Bagikan Ratusan Paket Sembako Gratis di Penambangan Balongbendo

 

Plt.Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Achmad Misbachul Munir saat menyampaikan bantuan sembako secara simbolis kepada warga

(SIDOARJOterkini) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan memberikan ratusan paket bingkisan sembako yang berlokasi di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wisata Kuliner ‘Karya Abadi’, Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Selasa, 19 April 2022.

Kegiatan baksos di wilayah Sidoarjo bagian barat ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua panitia baksos HPN PWI Sidoarjo, Imam Muchlis, mengatakan ada sedikitnya 200 bingkisan sembako dibagikan kepada warga di tiga desa Kecamatan Balongbendo.

Ketua PWI Sidoarjo Abdul Rouf saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga

Sebanyak 200 paket itu dibagikan terinci 100 paket untuk warga Desa Penambangan, 50 paket untuk warga Desa Wonokupang, dan 50 paket dibagikan kepada Desa Bakalan Wiringinpitu.

200 bingkisan itu terdiri dari beras 2 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula 1 kilogram, teh satu kotak, kopi 5 sachet, dan garam satu bungkus.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Perhatian Kak Seto Kepada Warga Binaan Rutan Perempuan yang Baru Melahirkan

“Sengaja kami fokuskan ke Sidoarjo bagian barat. Hari ini kami ingin mengabdi kepada masyarakat dengan mengadakan bakti sosial yaitu pembagian sembako secara gratis kepada 200 warga di Desa Wonokupang, Desa Bakalan Wringinpitu, dan Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo,” ujarnya.

Dikatakan Muchlis lebih jauh, baksos ini sengaja ditempatkan di desa yang memiliki BUMDes. Harapannya, PWI Sidoarjo bisa ikut membantu mensosialisasikan keberadaan usaha BUMDes tersebut.

“Bisa membantu menggerakkan perekonomian kerakyatan di Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf, mengatakan kegiatan bakti sosial diharapkan bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat di Kabupaten Sidoarjo bagian barat.

Selain itu, PWI Kabupaten Sidoarjo bisa menjadikan momentum HPN kali ini sebagai sarana evaluasi serta refleksi internal insan pers.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Pelantikan PAC Fatayat NU

Sehingga, harap Rouf, teman-teman media yang tergabung dalam PWI Kabupaten Sidoarjo semakin solid, profesional, serta mampu berpartisipasi menjadikan negara Indonesia yang cerdas dan lebih maju untuk kedepannya.

“Kami ingin berpartisipasi dan ikut membantu meringankan beban warga tidak mampu dan warga terdampak Covid-19 di Sidoarjo. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi anggota PWI Sidoarjo untuk lebih dekat dengan masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Kades Penambangan, Helmy Firmansyah mengapresiasi kegiatan insan pers ini. Dia juga berterima kasih kepada PWI Kabupaten Sidoarjo yang peduli dengan warga di Sidoarjo bagian barat.

“Kami apresiasi kegiatan PWI Kabupaten Sidoarjo ini. Semoga, kegiatan berikutnya, bisa berbagi sembako lebih banyak lagi,”harapnya.

Maria, warga Desa Wonokupang, menyampaikan kegiatan ini positif sekali. Terlebih, menurut Maria, kondisi harga sejumlah bahan pokok sedang tinggi.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Dampingi Penyaluran BLT-DD Mojorengagung

“Kondisi sembako lagi mahal. Baksos ini sangat membantu kami,” ucap wanita 62 tahun itu usai menerima paket sembako.

Sejumlah warga terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi meskipun wilayah Desa Penambangan saat itu sedang turun hujan.

Acara ini dihadiri seluruh anggota PWI Sidoarjo yang berprofesi sebagai wartawan di media cetak, media online, dan televisi.

Selain itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo, Ahmad Misbahul Munir, Forkopimka Balongbendo, Kades Penambangan, Kades Wonokupang, dan Kades Bakalan Wringinpitu.

Kegiatan baksos ini terlaksana dengan dukungan penuh dari Pemkab Sidoarjo dan partisipasi sejumlah pihak.

Tahun-tahun sebelumnya, baksos serupa telah digelar di wilayah pesisir Sedati Sidoarjo, wilayah perkotaan, dan wilayah situs kebudayaan di kawasan Candi Pari, Porong.(cles)