SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Peringati Hari Kartini, Siswa Tsanawiyah di Sidoarjo Kampanyekan Anti Narkoba

IMG_20160423_190520
(SIDOARJOterkini) – Dalam rangka memperingati hari Kartini dan hari buku internasional, ratusan siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah di Sidoarjo, Jawa Timur, kampanyekan menolak narkoba. Selain itu, mereka juga menggelar aksi membaca bersama-sama. Hal ini, sebagai ungkapan rasa syukur atas perjuangan yang telah dilakukan oleh RA Kartini, dan sebagai generasi penerus bangsa, para siswa ingin mengajak pelajar lainnya untuk menjahui dan tidak mengkonsumsi narkoba, serta gemar membaca.

Dengan khusuk, para siswa membacakan dzikir dan istighosah yang dihadiahkan kepada Nabi Muhammad shollallahu alaihi wassalam, para ulama, pejuang bangsa, para pendiri Nahdlatul Ulama, pendiri YPM dan tidak lupa kepada RA Kartini.

Usai membaca dzikir, istighosah dan doa. Para siswa melakukan orasi, agar menghindari narkoba. Seperti yang dilakukan Yosi Aprilia, siswi kelas 7 ini. Ia mengaku sebagai generasi masa depan bangsa serta Kartini masa kini, berusaha mengajak dirinya sendiri, pelajar dan lingkungan keluarganya untuk menghindari narkoba.

BACA JUGA :  Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Tiang Listrik hingga Terguling di Jalan Trosobo Taman

“Narkoba itu berbahaya dan bisa merusak cita-cita generasi penerus bangsa. Untuk itu hindari narkoba. Kami juga ingin memotivasi para pelajar lainnya supaya gemar membaca dan belajar. Karena, dalam waktu dekat ini, siswa dan siswi kelas 9 akan melaksanakan ujian nasional,” kata Yosi Aprilia, Sabtu (23/04/2016).
IMG_20160423_190514
Menurut kepala sekolah MTS YPM 1 Wonoayu, Sidoarjo, Jawa Timur, Suhardi mengatakan bahwa para siswa diberikan ilmu agama, dan dididik mentalnya agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan negatif. Agar para siswa menjadi orang yang berahklakul karimah.

“Selama ini kami juga melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke kelas-kelas. Jika terdapat salah satu siswa yang menggunakan narkoba, kami tidak segan-segan untuk mengelurkan siswa tersebut. Semoga dengan kegiatan Hari Kartini dan Hari Buku Internasional ini para siswa bisa mengambil hikmahnya,” ujar Suhardi.

BACA JUGA :  Pemotor Patah Tangan, Usai Motor Yang Dikendarainya Diserempet Truk di Jalan Sidorejo Krian

Tak hanya itu saja, para siswa juga mendapatkan materi dan wawasan seputar bahaya narkoba, miras, dari Badan Narkotika Nasional atau BNN Kabupaten Sidoarjo. BNN pun mengapresiasi dan memberikan respon positif.

BACA JUGA :  Lelang Parkir via Youtube Capai Rp 32 Miliar, Bupati Muhdlor: Bentuk Transparansi

“Ini sangat baik dan inovatif. Saya minta kepada para pelajar, tolong jangan mengikuti kegiatan yang kurang baik, contohnyuan jangan sampaiu menggunakan narkoba, miras dan lain sebagainya yang merugikan diri sendiri,” pesan Syamsudin, anggota BNN Sidoarjo bagian penceghan dan pemberdayaan masyarakat.

Peringatan hari Kartini dan hari buku internasional ini juga dimeriahkan oleh penampilan para siswi berupa fashion show dengan mengenakan busana kebaya. Dengan semangat dan antusias, mereka berlenggak lenggok menampilkan kebaya yang dikenakannya.(st-12)