SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan, Lapas Surabaya Peduli Anak Yatim dan UMKM

 

(SIDOARJOterkini) – Lapas I Surabaya Kanwil Kemenkumham Jatim mengisi Ramadan dengan berbagi kepada sesama. Lapas yang dipimpin Jalu Yuswa Panjang itu menggelar bakti sosial di Panti Asuhan Masyithoh hari ini (22/4). Selain itu, lapas yang terletak di Porong itu juga memberikan bantuan modal untuk UMKM.

Jalu yang memimpin jajarannya menjelaskan bahwa kegiatan ini sekaligus menyemarakkan rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58. Berkolaborasi dengan Rutan Perempuan Surabaya, Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) juga dilibatkan. Para santriwati yang menghuni panti menyambut para petugas dengan berbagai keahlian yang dimiliki. Mulai hadroh hingga tilawatil Al-Quran. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan nampak sangat terasa.

Jajaran Lapas Surabaya diterima oleh pengasuh panti asuhan Masyitoh, Taslimah. Bantuan berupa sembako diberikan langsung kepada anak-anak dan pengasuh panti. Sedangkan bantuan berupa modal usaha diberikan secara simbolis kepada pemilik warung kopi di depan lapas, Putro Kencono.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Jalu menerangkan bahwa maksud dan tujuan rombongan datang untuk menjumpai langsung adik-adik. sekaligus menjalin silaturahmi baik dengan pengurus maupun anak panti asuhan sendiri.

“Semoga bisa memberikan manfaat yang positif kepada adik-adik semuanya,” terangnya.

BACA JUGA :  Kasus Pungli PTSL yang Menjerat Kades Suko Sukodono dan 3 Perangkatnya Segera Disidangkan

Pria asli Madiun itu menerangkan bahwa bantuan untuk UMKM sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku usaha. Sekaligus jadi wujud partisipasi aktif dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Di sisi lain, Taslimah menyampaikan rasa terima kasih kepada Lapas Kelas I Surabaya, Rutan Kelas IIA Surabaya, dan PIPAS karena memberikan perhatian kepada yayasan. Dia berharap dengan kebaikan ini, jajaran lapas diberi keberkahan. Dan bantuan yang diberikan bisa bermanfaat serta mendapat ridho dari Allah SWT.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Sementara itu, Putro menuturkan banyak terima kasih kepada pihak lapas. Karena dipercaya untuk menerima bantuan. Dan nantinya bantuan tersebut akan digunakan sebaik mungkin demi kelancaran usahanya. (cles)