SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Peran Aktif Koperasi Dalam Pemulihan dan Percepatan Ekonomi Sangat Penting

Fadel Muhammad Ketua MPR RI saat melakukan diiskusi dengan Dekopinda Jawa Timur

(SIDOARJOterkini) – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Dekopinda Jawa Timur harus cepat melakukan pembenahan dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Peran aktif koperasi sangat dibutuhkan dalam upaya pemulihan ekonomi,”ungkap Fadel Muhammad didepan peserta diskusi yang bertajuk, menumbuhkembangkan koperasi di tengah masa pandemi COVID-19 dalam mendukung perekonomian untuk kesejahteraan rakyat di kantor Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Timur di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis 4 Februari 2021.

Menurutnya, perlu adanya langkah konkrit dalam upaya menumbuhkembangkan koperasi ini, misal berupa subsidi bntuan keuangan dan menutup bunga bank.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Masuk TP2DD, Transaksi Non Tunai Akan Diperluas

“Dengan adanya subsidi dan penutupan bunga bank, diharapkan koperasi akan berkembang sehat untuk mendukung pemulihan ekonomi,”ungkapnya.

Untuk keberadaan koperasi di Jawa Timur, Fadel menyatakan, kondisinya masih cukup bagus dan solid, hanya memang kondisi pandemi secara menyeluruh kondisi di indonesia mengalami penurunan.

BACA JUGA :  Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Jalan Ngaban, 16 Pelanggar Terjaring

“Itulah yang akan kita usahakan, menumbuhkambengkan koperasi melalui injeksi subsidi dari pemerintah pusat,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Dekopin Jawa Timur  Sri Untari mengatakan, pihaknya akan melakukan pemetaan kondisi koperasi di jawa timur. Dari 34 ribu koperasi di jawa timur akan dipetakan menjadi 10 tingkatan kondisi koperasi, dari yang mulai sehat hingga yang tidak aktif.

BACA JUGA :  Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 80.000 Baby Lobster Tujuan Batam

“Nantinya ada prioritas, subsidi akan diberikan kepada koperasi yang aktif, untuk yang sedang akan kita lakukan pembinaan dulu,”tegasnya. (cles)