SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Hukum & Kriminal Indeks Profil

Pentingnya Protokol Kesehatan

 

Penulis : Brigtar Rosyade Atiq Fepiosandi No. AK. 18.164.

Di tengah merebaknya virus Covid-19 yang dapat menular dengan sangat cepat, tentunya sangat diperlukan sebuah protokol kesehatan. Adanya protokol kesehatan ini berfungsi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Selama 2 tahun belakangan ini, kita telah melewati berbagai hal sulit yang diakibatkan oleh virus Covid-19. Adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ataupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak orang sangat menderita akan hal tersebut.

Meskipun pada saat itu protokol kesehatan sudah dijalani, namun tetap saja masih kurang efektif. Hal itu dapat dibuktikan dari tingginya grafik data statistik yang terus meningkat dari hari ke hari. Tingginya grafik tersebut kebanyakan disebabkan oleh orang-orang yang masih abai akan protokol kesehatan padahal mereka tahu betapa pentingnya hal tersebut.

Pentingnya Menjalankan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

BACA JUGA :  Kodim 0816 Sidoarjo Lakukan Persiapan Pengamanan Jelang Kunjungan Wapres RI ke PG Toelangan

Meskipun kita telah melakukan vaksinasi secara lengkap, nyatanya apabila kita tidak patuh terhadap protokol kesehatan yang ada, maka tetap saja kita memiliki potensi yang besar untuk terkena Covid-19. Vaksinasi bukanlah sebuah tolak ukur bahwa seseorang tidak akan terkena Covid-19, melainkan hanya untuk mengurangi tingkat keparahan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit ini.

Oleh karena itu, protokol kesehatan sangatlah penting untuk selalu dijalankan oleh kita agar terhindar atau mencegah terpaparnya virus ini. Berikut ini alasan mengapa kita harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

1. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas merupakan salah satu alasan mengapa protokol kesehatan harus dijalankan. Dengan melakukan protokol kesehatan dengan ketat, tandanya kita mencegah untuk memutus rantai penyebaran, dimana apabila penyebaran virus ini turun, maka dapat dipastikan bahwa semua orang dapat beraktivitas seperti dahulu kala.

BACA JUGA :  Anggota Kodim 0816 Sidoarjo Bersama Warga Hadiri Pembacaan Tahlil di Kediaman Almarhum Serma Day Ardiyansah

2. Melindungi Diri dan Keluarga

Alasan mengapa penting untuk melakukan protokol kesehatan adalah untuk melindungi diri dan keluarga. Seperti yang telah diketahui bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang sangat mudah sekali untuk menular.

Dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, maka kita berupaya untuk menghindar dari terpaparnya penyakit ini. Jika kita terhindar dari penyakit ini artinya sama saja bahwa kita menjaga keluarga agar tidak terpapar oleh penyakit Covid-19.

3. Menumbuhkan Pola Hidup Bersih

BACA JUGA :  Maling Kembali Bobol Minimarket, uang Dalam Brankas Indomaret Pondok Jati Buduran Raib

Kadang kala, kita lupa akan hidup bersih. Mungkin contohnya ketika kita memakan suatu makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal kita tahu bahwa ribuan bakteri telah menempel di tangan kita ketika sedang melakukan suatu aktivitas.

Dengan melaksanakan protokol kesehatan, akan menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dan bersih. Dimana sesuai dengan aturan yang ada, kita harus menerapkan perilaku 5M yang mana terdiri dari

  • Mencuci tangan.
  • Memakai masker.
  • Menjaga jarak.
  • Menjauhi kerumunan.
  • Mengurangi mobilitas.

Meskipun protokol kesehatan kerap kali diabaikan, nyatanya perilaku ini memiliki banyak sekali manfaat yang mana sangat berguna untuk kita. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan penerapan protokol kesehatan dengan melakukan pembiasaan diri.