SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pengembangan Potensi Pariwisata Milik Masyarakat Butuh Dukungan Pemkab

 

 

(SIDOARJOterkini) – Pengembangan potensi wisata harus terus digencarkan di Kota Delta. Termasuk objek wisata baru yang dikelola oleh masyarakat. Harapannya bisa menjadi lumbung perekonomian bagi masyarakat setempat.

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Aditya Nindyatman meminta pemerintah agar mendukung pengembangan potensi pariwisata. Khususnya yang dibangun secara mandiri oleh masyarakat.

Aditya Nindyatman Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo

Dia mengatakan, di Sidoarjo banyak objek wisata yang dibangun atau dikembangkan oleh masyarakat. Baik itu wisata buatan seperti sungai atau taman.

Menurut dia, dalam membangun sebuah objek wisata tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seperti membuka akses jalan dan sarana pendukung lainnya. ”Maka dari itu dukungan dari pemkab sangat diperlukan,” ujarnya.

Peranan pemkab melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo sangat perlu. Sebab instansi itu merupakan leading sektor penggerak optimalisasi wisata yang dibuat oleh masyarakat agar dapat berkembang pesat. Kerja sama antara pemkab dengan masyarakat dalam mengembangkan wisata sangat diperlukan.

BACA JUGA :  Siaga Bencana, Babinsa Koramil Krian Pantau Aliran Sungai di Sidomulyo

Selain itu pengembangan objek wisata secara maksimal juga dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Terutama pelaku UMKM yang berada di sekitar dan terbukanya lapangan pekerjaan.

Bagi daerah yang minim akan objek wisata, wisata buatan itu bisa menjadi solusi. ”Banyak yang sudah terbangun namun perlu dukungan pemkab agar bisa berkembang dengan baik,” tuturnya.

Di sisi lain, target jumlah kunjungan wisata ke Sidoarjo tahun ini meningkat. Tahun lalu ada 887.461 kunjungan wisata. Tahun ini ditargetkan naik menjadi 904.862. Kalangan legislatif meminta pemkab Sidoarjo gencar melakukan promosi.

BACA JUGA :  Kartika Ayu Widya Ningrum, Terpilih Sebagai Yuk Muslimah 2022
Bangun Winarso Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Bangun Winarso mendorong Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) terus melakukan upaya maksimal dalam mempromosikan objek wisata di daerah. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Untuk memaksimalkan pariwisata di Sidoarjo, dia berharap instansi terkait bisa memanfaatkan teknologi digital untuk sarana promosi. Menurut dia, di Kota Delta banyak wisata yang tidak kalah menarik dibanding daerah lainnya. Meski bukan wisata alam. Hanya saja, promosi yang dilakukan kurang maksimal, sehingga masyarakat luar tidak tahu potensi destinasi wisata.

Politikus PAN tersebut mengatakan, promosi wisata di Kabupaten Sidoarjo perlu dilakukan dengan memanfaatkan era digital. Melalui cara itu tentunya ke depan masyarakat luas bisa mengetahui keberadaan objek wisata Sidoarjo.
”Promosi wisata harus berkelanjutan, juga harus mengikuti perkembangan zaman, terutama di era digital agar promosi wisata lebih optimal,” ujarnya.

BACA JUGA :  Air Sungai Meluap, Bupati Sidoarjo Siagakan BPBD dan Dinkes Bantu Warga Terdampak Banjir

Selain itu, peran masyarakat sangat diperlukan dalam upaya peningkatan pengunjung di lokasi wisata tersebut. Misalnya, membantu dalam promosi serta menjaga dan merawat fasilitas yang ada. Sebab masyarakat yang akan merasakan dampak positifnya, apabila banyak wisatawan yang datang berkunjung.

”Misalnya peningkatan sektor perekonomian, karena masyarakat bisa memanfaatkannya dengan berjualan produk lokal atau usaha mikro kecil menengah,” imbuhnya.

M Kayan Wakil Ketua DPRD Sidoarjo

Wakil Ketua DPRD Sidoarjo M Kayan mengatakan, wisata lokal di Sidoarjo harus terus didorong agar semakin populer. Sinergis antara masyarakat, Pemkab dan legislatif harus beriringan agar perekonomian di kawasan wisata bisa meningkat. (st18)