SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Pendapatan Pajak Daerah Sidoarjo Alami Kenaikan Signifikan Pada Triwulan Pertama

 

(SIDOARJOterkini) – Pendapatan pajak pada 2022 di Kabupaten Sidoarjo melalui Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) mengalami kenaikan signifikan seiring dengan menurunnya kasus Covid-19.

Selama tiga bulan terakhir, target BPPD Kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatan. Dibanding tahun 2021 pada triwulan 1, BPPD memperoleh penghasilan dari pajak sebesar Rp 216.096.868.287. Sedangkan dalam tiga bulan terakhir di tahun 2022 terhitung pada triwulan 1, BPPD memperoleh penghasilan sebesar Rp 240.798.531.968.

“Dari tahun 2021, pendapatan pajak mengalami kenaikan sebesar 11,43 persen,”ungkap Ari Suryono Kepala BPPD Kabupaten Sidoarjo, Rabu 27 April 2022.

BACA JUGA :  Kanwil DJP Jatim II Gencar Sosialisasikan PPS

Dijelaskan Ari Suryono, kenaikan tersebut disebabkan dioperasikannya sejumlah potensi yang menjadi obyek pajak, ditambah lagi adanya kebijakan pelonggaran pemerintah terhadap PPKM.

“Sehingga usaha hotel, restoran dan hiburan mulai mengalami kenaikan pendapatan,”ujarnya.

Dirinya menyebut, pajak hotel sampai akhir Maret 2022 sudah menyentuh angka kenaikan sebesar 39,92 persen dari tahun lalu. Sedangkan pajak hiburan kenaikannya paling siginifikan di antara pajak lainnya yakni 821,83 persen.

BACA JUGA :  Kasus Pungli PTSL yang Menjerat Kades Suko Sukodono dan 3 Perangkatnya Segera Disidangkan

Dijelaskan Ari Suryono, berbagai inovasi yang telah dilakukan BPPD dalam memberikan kemudahan akses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat untuk pembayaran pajak,salah satunya adalah Aplikasi Pajak Daerah Sidoarjo (APDS).

“Melalui APDS masyarakat tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak. Layanan pembayaran dapat diakses melalui Bukalapak, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, Link aja, Traveloka, Bank Jatim, Mandiri, BNI dan lain sebagainnya,” papar mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sidoarjo itu.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Selain inovasi layanan pembayaran lanjut Ari, dibukanya kembali pelayanan pajak di Mal Pelayanan Publik (MPP) Lingkar Timur, Mini Mal Pelayanan Publik (MMPP) Kecamatan Sukodono, dan pelayanan drivethru pajak daerah memberikan dampak positif terhadap penerimaan pajak daerah.

“Banyak dari masyarakat yang menyambut baik atas inovasi pelayanan dari Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo,” pungkas Ari. (st-12/cles)