SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Siapkan Pelayanan Berbasis Gadget

 

(SIDOARJOterkini)-Pemkab Sidoarjo menyiapkan pelayanan berbasis perangkat “gadget” untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Ary Suryono, mengatakan, dengan adanya model pelayanan seperti itu akan memudahkan masyarakat melakukan pengaduan atas apa yang terjadi.

Disisi lain akan memudahkan pemkab dalam menangani permasalahan di masyarakat dengan cepat. “Saya kira pelayanan cepat dan respon masyarakat juga cepat akan memudahkan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan,” ujar Ari Suryono.

BACA JUGA :  Polresta Sidoarjo Kirimkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru di Lumajang

Ari mencontohkan, seperti permasalahan sampah yang saat ini masih menjadi keluhan masyarakat nantinya bisa dengan cepat direspon oleh dinas setempat. Demikian juga dengan permasalahan jalan rusak atay juga lampu peneranganjalan yang padam bisa direspon dengan cepat.

Dia juga memberikan contoh lain seperti usulan musyawaran perencanaan pembangunan atau Musrenbang yang dimulai dari tingkat bawah kini juga bisa langsung dilakukan tanpa melalui tahapan dari bawah. “Jika dulu usulan tersebut dilakukan dari tingkat bawah seperti kelurahan dan desa yang membutuhkan waktu cukup lama, kini usulan tersebut bisa dipercepat,” katanya.

BACA JUGA :  Antisipasi Banjir, Wabup Subandi Tinjau Rumah Pompa di Wilayah Kecamatan Waru

Dalam waktu dekat ini Pemkab Sidoarjo akan menggelar lomba pembuatan aplikasi yang akan digunakan untuk membuat sistem pelayanan berbasis “gadget” tersebut. Lomba pembuatan aplikasi tersebut berlangsung di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ( Umsida) bekerja sama dengan Microsoft untuk teknis pelaksanaan kegiatan,” katanya.

BACA JUGA :  Malam-Malam Keliling Desa di Tanggulangin yang Banjir, Ini Langkah Bupati Sidoarjo

Sementara itu, Director Cloud Computing Public Sector Asia Microsoft David Chandra mengatakan siap mendukung program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Kami siap mendukung program pemerintah ini demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” katanya. (st-12)

Berita Terkait

Memajukan Pendidikan Islam, PBNU Gandeng Microsoft