SIDOARJO TERKINI
Indeks

Pemkab Sidoarjo Segera Wujudkan Smart City

image

Training of trainer yang digelar Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

(SIDOARJOterkini)- Pemkab Sidoarjo merealisasikan kerjasama dengan Microsoft untuk menciptakan Smart City dengan program City App. Pemkab
Bekerjasama dengan Citynet, Microsoft dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Realisasi itu dengan menggelar training of trainer (TOT) untuk mewujudkan City Apps. “City App merupakan kegiatan pengembangan aplikasi mobile berbasis windows yang akan dikompetisikan oleh para pengembang muda dalam kurun waktu 2 hari,” ujar Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo Ari Suryono, Selasa (8/9/2015).

Ari Suryono menambahkan, tema-tema kompetisi disesuaikan kebutuhan dan permasalahan pembangunan. Seperti peningkatan pelayanan berbasis aplikasi online ini untuk pengembangan pelayanan air bersih di PDAM Delta Tirta.

BACA JUGA :  Koramil 0816/05 Tulangan Kawal Penyerahan Logistik Pemilu ke KPU Sidoarjo

Aplikasi untuk perusahaan air bersih itu bisa meliputi informasi layanan, tagihan sampai keluhan.
“Pelayanan lain yang bisa diangkat menjadi tema adalah sistem kependudukan, pelayanan perijinan dan pengaduan kerusakan jalan dan infrastruktur lain,” tambah Ari Suryono.

Di era komunikasi digital ini, lanjut Ari Suryono, pelayanan juga harus disesuaikan. Upaya pemkanb merangkut perusahaan software terbesar di dunia itu untuk menggagas kabupaten berbasis aplikasi.

Program bila diterapkan untuk layanan pembayaran PBB (pajak bumi dan bangunan). Masyarakat bisa tahu berapa pajak yang dibayar, membayar, perubahan data sampai pengajuan berkas hanya dengan memanfaatkan handphone.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/04 Porong Terlibat Aktif Dalam Pelaksanaan Program Sub PIN Polio di Desa Binaan

Sidoarjo menjadi kota ketiga yang disambangi Microsoft setelah Kathmandu ibu kota Nepal dan Makassar.

Pemkab Sidoarjo merangkul PT Telkom Indonesia sebagai provider nasional. Pelatihan untuk program TOT diikuti 50 peserta dari lingkungan Pemkab Sidoarjo dan mahasiswa. Sedangkan lomba aplikasinya ditargetkan diikuti 300 perserta.

Sebelumnya, David Chandar, selaku Director Cloud Computing Public Sector Microsoft, mengatakan, program ini dimaksudkan untuk meningkatan kualitas layanan di kabupaten/kota di Indonesia.
“Kita ingin mengingkatkan kualitas layanan dengan basis aplikasi. Tentunya, yang berkaitan dengan kebutuhan kota ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Ke Seluruh Puskesmas Sidoarjo

Pelibatan masyarakat dalam pembuatan aplikasi ini, lanjut David, menambahkan, untuk menjaring sebanyak mungkin ide layanan. Nantinya, aplikasi terbaik akan dipakai untuk pelayanan di Sidoarjo. (st-12)