SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Akan Bangun SMP Negeri di Tulangan dan Prambon

 

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan membangun dua SMP Negeri untuk memenuhi keinginan dari masyarakat.

Lokasi sekolah tersebut akan dibangun di Kecamatan Prambon dan Tulangan. Alasannya, di dua kecamatan tersebut baru ada satu sekolah negeri.

“Tahun ini baru proses pengurukan dan pembangunan pagar. Untuk gedung sekolahnya baru dibangun tahun 2022,” Kata M. Ainur Rahman, Asisten 1 Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo 12 Januari 2020.

BACA JUGA :  Anggaran peninggian area SMPN 2 Tanggulangin Capai Rp 700 juta

Letak sekolah yang di Kecamatan Tulangan akan di bangun di Desa Grinting. Lokasinya di sebelah barat. Sehingga cukup jauh dari letak SMPN 1 Tulangan. Anggarannya sekitar 5,3 Miliar.

Sedangkan, untuk lokasi di Prambon Ainur menuturkan, ternyata lokasi yang ada saat ini masih di area lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).

Jika sesuai UU nomor 41 tahun 2009, kalau tanah tersebut digunakan, maka harus ada tanah pengganti minimal tiga kali lipat.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Sidoarjo Siap Disuntik Vaksin Covid-19, Ajak Masyarakat Tak Perlu Ragu dan Takut

Karena itu, Pemkab saat ini masih akan membahas lebih lanjut apakah tetap di lokasi tersebut atau dipindah ke lokasi lain.

Anggota Komisi D Mimik Idayana mengapresiasi tambahan sekolah tersebut. Sebab, sesuai dengan banyak permintaan masyarakat. Mengingat, di sana hanya ada satu SMPN. Sehingga, saat penerimaan sistem zonasi, banyak yang tidak tertampung

BACA JUGA :  Komisi B Minta Disperindag Jaga Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok Selama PPKM

“Prinsipnya biar pemerataan, sesuai kebutuhan masyarakat, karena kan juga ada sekolah swasta,” Katanya.

Ketua Komisi D Dhamroni Chudlori menilai tambahan SMPN di lokasi tersebut memang jadi kebutuhan. Sebab, di Kecamatan lain pun ada SMPN lebih dari satu. Sedangkan di sana hanya satu. “SMPN agar lebih merata,” ucapnya, (pung/cles).