SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pemerintah Lakukan Gas In Jargas 1400 SR di Sidoarjo

 

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali secara resmi melaunching pengoperasian Proyek Jaringan Gas (Jargas) rumah tangga yang mulai gas-in secara parsial di Tanggulangin yang dioperasikan PT Pertagas Niaga (Group PGN Subholding Gas), di Desa Ketegan Kecamatan Tanggulangin, Senin 16 Agustus 2021.

Koordinator pelaksanaan Pembangunan infrastruktur Migas Kementerian ESDM Agung Kuswardono menjelaskan, untuk pembangunan Jargas di Kabupaten Sidoarjo sudah keenam kalinya dimulai sejak 2010.

“Untuk tahun ini ada 11.400 SR yang dibangun di Sidoarjo,”ungkap Agung.

Dikatakan Agung, mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat. Jargas ini merupakan proyek dari pemerintah dan harus dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Pemasangan Jargas gratis, aman dan terlayani hingga 24 Jam dengan harga penggunaannya hingga setengah dari harga penggunaan elpiji.

“Harganya yang sangat murah kalau masyarakat tidak memanfaatkan akan rugi,”ujarnya.

BACA JUGA :  Bupati Gus Muhdlor : Manfaatkan Long Storage Kalimati Tarik Jadi  Destinasi Wisata Air

Sales Operasional Regional III PGN Hamal Sahan menjelaskan, keberadaan Jargas merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup Perekonomian kerumahtanggaan dan mengurangi subsidi.

“Karena Jargas APBN ini milik Negara yang dimanfaatkan masyarakat, untuk itu kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas yang ada,”imbaunya.

Untuk cara mengoperasikan lanjut Hamal, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti membakar sampah di atas jaringan pipa.

BACA JUGA :  Akhir Pekan, Polresta Sidoarjo Hadirkan Vaksinasi Covid-19 Jemput Bola

Sementara itu Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan apresiasi atas pembangunan Jargas sebanyak 11.400 yang tahun ini turun di dua kecamatan yakni Tanggulangin dan candi.

“Tentu hal ini sangat membantu masyarakat , dan mampu menghemat pengeluaran hingga 50 persen,”ungkapnya.

Untuk itulah lanjut Muhdlor, masyarakat harus menjaga segala fasilitas yang ada agar program Jargas bisa terus di Sidoarjo. Tahun 2022 akan turun sebanyak 35 ribu SR.

BACA JUGA :  Seorang Guru di Waru Tewas Tersambar Kereta Api di Depan Sekolahan Tempatnya Mengajar

“Akan kita kawal agar proyek tersebut turun di Sidoarjo,”tegasnya.

Jargas Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2021 akan mengalir di Kecamatan Tanggulangin dan Kecamatan Candi. Kecamatan Tanggulangin sebanyak 3.653 SR terdiri dari Kelurahan Randegan sebanyak 1.248 sambungan rumah (SR), Gagangpanjang 1.248 SR, dan Ketegan 1.157 SR.

Sedangkan untuk Kecamatan Candi sebanyak 7.765 SR terdiri dari Kelurahan Ngampelsari sejumlah 1.921 SR, Balonggabus 1.122 SR, Balongdowo 1.530 SR, Kendal Pecabean 1.311 SR, dan Kali Pecabean sejumlah 1.881 SR. (cles)