SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Pembangunan Tanggul Sungai Afvour  Gadungrowo  Hilir di Banjarasri Terkesan Asal

Pasangan batu terlihat dikerjakan di genangan air dan tidak dibuatkan Kisdam

(SIDOARJOterkini) – Pembangunan Revitalisasi Saluran Gadungrowo Hilir yang berlokasi di Desa Banjarasri  kecamatan Tanggulangin mulai dikerjakan.

Proyek yang dibangun dari dana APBD  Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021 senilai Rp 1.198.102.300 tersebut merupakan salah satu proyek infrastruktur prioritas untuk penanganan banjir yang terjadi di kawasan Tanggulangin.

Ironisnya, pembangunan penguatan tanggul pada saluran Afvour yang dikerjakan oleh
CV.Raya Ilmi tersebut terkesan dikerjakan asal-asalan dan menyimpang dari spesifikasi teknis yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Harto salah satu warga mengungkapkan kepada SIDOARJOterkini.com, dirinya tidak yakin pasangan batu yang dibangun tersebut nantinya  akan bertahan apabila terkena arus air.

“Pondasinya sangat dangkal dan dikerjakan dalam kondisi tergenang air karena tidak ada Kisdam maupun pompa air,”ungkap Harto.

BACA JUGA :  Tim Wasev Kunjungi Lokasi TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo

Dijelaskannya, pada pekerjaan pasangan batu, kedalaman pondasi harus sekitar 60 centimeter dan dikerjakan dalam kondisi kering agar adonan semen bisa menyatu dengan batu.

“Disini , banyak tukang batu, semuanya juga paham kalau cara bangunnya seperti itu salah, nggak tau jadinya besok gimana,”ucapnya.

BACA JUGA :  Jaga Kondusifitas, Polsek Balongbendo Cangkrukan Dengan Perguruan Silat

Ditambah lagi lanjut Harto , batu hanya ditumpuk di dalam genangan air dan disiram adonan semen pasir yang perbandingannya nggak jelas seperti itu.

“Harusnya kan dibuatkan Kisdam dulu, terus digali untuk pondasi, campuran semen pasirnyapun perbandingannya 1:4,”katanya sambil meringis kecut.

Sementara itu pengawas proyek dari CV Raya Ilmi saat dikonfirmasi, enggan memberikan komentar teknisnya, malah mengusir wartawan  media ini saat mengambil gambar.

“Gak usah foto-foto kayak Preman aja,”ucap pelaksana proyek sambil mengangkat alat potong kawat.

BACA JUGA :  Runner Up Pengelolaan Anggaran, Kakanwil Apresiasi Capaian Lapas Surabaya

Pantauan di lokasi, proyek penguatan tanggul saluran Afvour di Banjarasri Kecamatan Tanggulangin milik Dinas PU BMSDA  Sidoarjo, dikerjakan asal-asalan dan melenceng dari spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan. Terlihat,  batu hanya ditumpuk-tumpuk dan disiram adonan pasir semen yang terlihat banyak pasirnya, tidak ada Kisdam sehingga pekerjaan pasangan batu dikerjakan dalam kondisi tergenang air. (nic/bersambung)