SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pemantau Pemilu Waspadai Praktek Money Politik Melalui Kades

(SIDOARJOterkini) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo meminta kepada para peserta pemantu pemilihan umum (Pemilu) 2019 untuk mengawasi potensi terjadinya money politik atau politik uang pada saat pemilihan.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Antar Lembaga Bawaslu Sidoarjo Mohammad Rasul, pihaknya meminta terjadinya potensi money politik Harus menjadi fokus dari para para pemantu pemilu.

“Kami meminta pada para pemantau untuk lebih fokus pada potensi terjadinya money politik pada pemilu ini,” kata Rasul, usai memberikan materi peningkatan kapasitas pemantau pemilu, di Hotel Luminor, Kamis (21/2/2019).

BACA JUGA :  Koramil 0816/15 Sukodono Amankan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Dijelaskan Rasul, pasalnya dalam pemetaan kerawanan pemilu, money politik dengan melibatkan kepala desa dan perangjatnya berpotensi terjadi dalam pemilu ini.Oleh karena itu, ia berharap kepada pemantau pemilu untuk menjaga kualitas demokrasi ini dan lebih fokus mengawasi terjadinya potensi tersebut.

BACA JUGA :  Pemotor Asal Sukodono Tewas Diseruduk Mobil L300 di Jalan Juanda Gedangan

“Hal ini diperkuat dengan saran dari salah satu pemantau pemilu bahwa money politik berpotensi masuk melalui Kepala Desa. Makanya pemantu pemilu untuk fokus pada potensi money politik,” paparnya.

Dengan demikian, kata Rosul, potensi-potensi terjadinya money politik akan terjadi pada pemilu kali ini. Oleh karenanya, para pemantu untuk memaksimalkan untuk mengawasi pelanggaran politik uang.

“Ini fokus pemantau agar pemilu ini berjalan dengan baik,” pungkasnya. (cles) .