SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Pemancing Temukan Bom Jenis Mortir Aktif di Pinggir Sungai Desa Suwaluh Balongbendo

(SIDOARJOterkini) – Warga Desa Suwaluh Utara RT 02/01 dekat eks Pabrik Tekstil Ratatex Kecamatan Balongbendo digegerkan dengan penemuan bom jenis mortir di pinggir sungai Kanal Mangetan, sekitar pukul 14.30 Minggu 22 Agustus 2021.

Informasi yang dihimpun SIDOARJOterkini.com menyebutkan, Bom yang diduga peninggalan jaman Belanda tersebut pertama kali ditemukan oleh Heni Eko Susanto (41) warga Balongbendo yang saat itu sedang memancing. ketika melihat ada sebuah benda yang menyerupai bom di bawah pohon Pepaya tempatnya memancing, dirinya langsung memberitahukan kepada warga sekitar dan kemudian diteruskan ke Polsek Balongbendo.

BACA JUGA :  Dihadiri Menko PMK, DJP Jatim II Kenalkan Pajak di Forum Ta'aruf Mahasiswa

“Kami tindaklanjuti informasi yang diterima dari masyarakat tersebut dengan mendatangi ke lokasi penemuan,”ungkap Kanitreskrim Polsek Balongbendo.Iptu Nanang.

Dijelaskan Kanit, diduga bom jenis mortir tersebut kondisinya masih aktif, dan tertanam di pinggir sungai. Saat ditemukan, mortir yang sudah berkarat tersebut menyembul ke permukaan tanah.

BACA JUGA :  Masyarakat Sidoarjo Yang Belum Mendapatkan Bansos Segera Lapor

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kita amankan lokasi penemuan dengan memasang garis polisi di sekitar lokasi,”tegasnya.

Karena diduga mortir tersebut masih aktif, lanjut Nanang pihaknya berkoordinasi dengan Jihandak Polda Jatim untuk proses evakuasi.

BACA JUGA :  Seorang Guru di Waru Tewas Tersambar Kereta Api di Depan Sekolahan Tempatnya Mengajar

“Kita sudah koordinasi dengan pihak Jihandak Polda Jatim,”tandasnya.

Sementara itu, Tono warga sekitar menuturkan, kalau kawasan pabrik tekstil Ratatex dulu adalah markas Belanda dan Jepang saat pendudukannya di Indonesia.

“Ketika sungai ini masih banyak ikannya dulu, para pencari ikan sering menemukan peluru di sungai ini,”ujarnya.(cles)