SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Peduli Peninggalan Bersejarah, Cak Nur Sambangi Situs Urang Agung

Cawabup Nur Achmad Syaifudin di lokasi situs Urang Agung
Cawabup Nur Achmad Syaifudin di lokasi situs Urang Agung

(SIDOARJOterkini)- Cawabup Nur Achmad Syaifudin melihat situs Urang Agung yang ditemukan di desa setempat, Selasa (11/11/2015). Dengan menyambangi situs purbakala itu, Cak Nur mengaku akan peduli terhadap budaya dan akan melestarikannya.

Kehadiran Cak Nur Ahmad di area penemuan situs disambut meriah oleh warga Desa Urang Agung dan sekitarnya. Didampingi oleh Bapak Kades, ketua RW dan aparat kepolisian setempat, Cak Nur diajak untuk melihat lokasi penemuan.

Di areal seluas 3×4 meter yg dibatasi pagar oleh masyarakat, Cak Nur dimohon oleh masyarakat untuk memberikan sambutan atau pidato karena masyarakat pada dasarnya mengharapkan penemuan tersebut direspon oleh pemerintah.

BACA JUGA :  Disaksikan Irjen, Satker Pemasyarakatan Korwil Surabaya Deklarasikan Pelayanan PASTI dan BerAKHLAK

Dalam sambutanya Cak Nur mengemukakan bahwa lokasi penemuan harus tetap dijaga oleh masyarakat. Jangan sampai nantinya ada aktifitas yang mempersulit untuk penelitian, karena penggalian dan penelitian harus dilakukan oleh para ahli arkeologi.

Perhatian dan animo masyarakat yang besar untuk melihat di area penemuan sepatutnya dimanage secara baik. Dengan demikian nantinya mendatangkan keberkahan untuk masyarakat Urang Agung.

BACA JUGA :  Pencuri di Sukodono Berhasil Kabur Dengan Ledakkan Bom Bondet Saat Ditangkap Warga

Kepada semua pihak, baik Dinas Pariwisata Sidoarjo ataupun dinas purbakala provinsi yg berada di Mojokerto dimohon agar segera turun tangan dan melakukan penelitian.

Tidak menutup kemungkinan penemuan benda purbakala tersebut areanya akan dapat bertambah luas. “Bisa juga dapat menunjukkan bentuk dan struktur bangunan yang sebenarnyasebenarnya,” tutur Cak Nur.

BACA JUGA :  Pemotor Alami Patah Kaki Terserempet Pick up di Jalan Watugolong Krian

Acara berakhir dengan berselfie ria, karena masyarkat sangat antusias untuk meminta selfie bersama. Cak Nur dengan sabar mengambil foto bergantian bersama masyarakat dg diiringi teriakan dr masyarakat “salam metal”, insyaAllah menang total.(st-12)