SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

PDAM Delta Tirta Akan Segera Operasikan DC SPAM Umbulan

 

(SIDOARJOterkini) – PDAM Delta Tirta terus mengebut pekerjaan penyelesaian pembangunan Distribution Center (DC) Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Umbulan yang ada di Sidoarjo.

Setidaknya dari delapan titik yang ada. Terdapat 5 DC yang sudah beroperasi. Sisanya akan dapat digunakan dalam waktu dekat. “Bulan depan DC-nya sudah beroperasi,” Kata Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao saat dikonfirmasi, Senin 30 November 2020.

Untuk DC yang sudah beroperasi ada di kecamatan Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran dan Waru, Sedangkan di Kecamatan Gedangan, Porong, dan Jabon masih belum bisa dioperasikan.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Peduli Anggota Sakit

Basit Lao menjelaskan, DC yang menjadi penampungan air dari SPAM Umbulan tersebut bisa mencukupi kebutuhan air bersih di kawasan tersebut. Sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan air bersih.

“Ini merupakan peningkatan layanan kami, untuk menyediakan air bersih di masyarakat. Misalnya seperti DC di Tanggulangin yang sudah beroperasi, dari 13 April lalu,” ujarnya.

BACA JUGA :  PAC PDI Perjuangan Tanggulangin Dan DPC Taruna Merah Putih Berbagi Ramadhan Peduli

Basit Lao menambahkan, wilayah Sidoarjo mendapatkan alokasi air bersih dari SPAM Umbulan tersebut sekitar 1.200 liter perdetiknya. Oleh karena itu, keinginan untuk memberikan pelayanan yang terbaik terus dimaksimalkan.

Proyek SPAM Umbulan ini di resmikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada bulan desember tahun lalu.

Pada kesempatan tersebut Khofifah mengatakan bahwa KPBU SPAM Umbulan terdapat sistem produksi dengan kapasitas 4.000 liter/detik dan pipa transmisi dengan panjang mencapai 93 km.

BACA JUGA :  Forkopimka Tanggulangin Gelar Rakor Bahas Penanganan Covid-19 di Wilayahnya

Dengan 18 offtake serta enam elevated reservoir dan 11 ground tank untuk melayani lima daerah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik (pung/cles).