SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

PCNU Netral, MWC Tetap Dukung BerSiNar

(SIDOARJOterkini)- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo yang memutuskan netral dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo langsung direspon Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Sidoarjo. Pengurus NU tingkat kecamatan itu tetap akan mendukung calon bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Hal ini disampaikan dalam konfrensi pers di Kantor PCNU Sidoarjo Jalan Airlangga, Sidoarjo, Kamis (22/10/2015). Pengurus 18 MWC NU ini menamakan dirinya tim Bintang Sembilan yang akan memenangkan pasangan Saiful Ilah dan Nur Achmad Syaifudin dalam Pilkada 9 Desember nanti.

Meski beranggotakan dari 18 MWC NU se Kabupaten Sidoarjo, mereka tidak mau disebut membawa lembaga NU. “Kami memang berasal dari pengurus 18 MWC NU, tapi kami membentuk wadah Tim Bintang Sembilan,” ujar Ketua MWC Sedati, Maskhun.

BACA JUGA :  Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Tiang Listrik hingga Terguling di Jalan Trosobo Taman

Maskhun menyebut, jika sikap netral Itu sebagai bentuk ketidaksanggupan PCNU untuk menyetir MWC memilih salah satu paslon dalam Pilkada. MWC NU justru menilai langkah PCNU tersebut sebagai bentuk penyesalan atas langkah awal mereka dalam mendukung salah satu paslon. Apalagi, salah satu petinggi NU juga telah diketahui mengajak untuk memilih paslon bahkan menyindir paslon tertentu dengan membawa nama lembaga NU. “Keputusan PCNU saat ini justru bentuk klarifikasi atas sikap mereka sebelumnya,” terangnya.

Demikian pula diungkapkam Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sidoarjo Syaikul Maarif, sikap PCNU tersebut dilinai terlambat. Saat ini sejumlah ormas NU telah menentukan sikap dalam pilkada nanti. “Termasuk IPNU yang juga telah mendukung Saiful Ilah-Nur Ahmad Syaifudin dalam pilkada,” katanya.

BACA JUGA :  Bupati Muhdlor : Kegiatan Keagamaan Tetap Berjalan Syaratnya Menjaga Prokes

Sementara itu, Ketua GP Ansor Sidoarjo Slamet Budiono mengatakan, menyesalkan sikap PCNU yang tidak melakukan muskercabsus dalam mengambil keputusan soal sikap PCNU dalam pilkada. Seharusnya, muskercabsus menjadi langkah tepat untuk menyikapi pilkada saat ini. “Kami juga sudah berkomitmen untuk mendukung Saiful Ilah-Nur Ahmad Syaifudin,” tegasnya.

BACA JUGA :  Lelang Parkir via Youtube Capai Rp 32 Miliar, Bupati Muhdlor: Bentuk Transparansi

Sekedar diketahui, hasil pertemuan petinggi PCNU Sidoarjo memutuskan untuk netral dalam pilkada. Ketua PCNU Sidoarjo KH Abdi Manaf mengungkapkan, dirinya bersama dengan Rois Syuriah PCNU Sidoarjo KH Rofiq Siradj dan petinggi PCNU lain telah mengadakan pertemuan pada Selasa (20/10) malam. Dalam pertemuan tersebut PCNU secara kelembagaan tidak akan mendukung salah satu paslon manapun. (st-12)

Berita Terkait

Pilkada Kurang 50 Hari, PCNU Bersikap Netral

redaksi sidoarjo terkini