SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020 Politik & Pemerintahan

Paslon dari PKB Gagas Bantuan Hibah Rp 50 Juta Untuk Kelompok Usaha Perempuan

 

(SIDOARJOterkini) – Ahmad Muhdlor Ali – H. Subandi Paslon yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki program khusus untuk kelompok usaha perempuan. Dari Rp. 5 hingga Rp. 50 juta.

Program tersebut, diberi nama Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma), untuk penguatan ketahanan ekonomi keluarga.

“Pelaku usaha yang sudah terdaftar bakal mendapatkan banyak fasilitas. Seperti bantuan modal, pendampingan, pelatihan dan pemasaran secara digital,” Kata Ahmad Muhldor Ali, dalam keterangannya, Jumat 16 Oktober 2020.

BACA JUGA :  Diduga Kelebihan Muatan, Truk Muat HCl Terguling di Jalan Keret Krembung

Selanjutnya, dalam realisasinya nanti, kelompok usaha ini akan diberikan kartu kurma, nominal bantuan permodalannya pun beragama, tergantung dari besar kecilnya usaha yang dijalani.

“Pemegang kartu Kurma nantinya akan mendapat bantuan modal bersubsidi yang besarnya bervariasi,” terang alumnus Unair, Surabaya itu.

Pemegang kartu juga mendapatkan pelatihan manajemen bisnis dan keuangan. Seperti pelatihan mengatur keuangan sehingga modal yang didapat bisa dimaksimalkan dan bisa digulirkan untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA :  Cegah Aksi Premanisme di Sidoarjo, Polisi Gencar Lakukan Patroli

Selain itu, juga bakal dapat pendampingan dan pelatihan pemasaran. Termasuk pemasaran digital, marketplace, pengemasan dan lainnya.

“Untuk sertifikasi jenis usaha kita juga prioritaskan,” katanya.

Pemerintah daerah akan memberikan fasilitas sertifikasi seperti PIRT, sertifikasi Halal, atau sertifikasi BPOM, dan sebagainya sesuai kebutuhan atau sesuai bidang usaha pemegang kartu.

BACA JUGA :  Satgas Covid-19 dan 3 Pilar Kecamatan Tanggulangin Gelar Vaksinasi di Desa Kalitengah

Dengan itu, perempuan akan menjadi penggerak ekonomi di keluarga. Jadi partner suami untuk membangkitkan ekonomi. Program tersebut pun disambut baik.

Salah satu kader penggerak perempuan di Kecamatan Taman, Eni Kurniati mengakui Kurma menjadi salah satu program terbaik. “Kurma ini bakal mampu memberikan jawaban atas keadaan ekonomi warga yang terpuruk,” pungkasnya, (pung/cles).